Jelang Pembukaan, Kasus COVID-19 Pertama Ditemukan di Kampung Atlet Paralimpiade Tokyo 2020
Instagram/paralympics
Nasional

Sementara itu, pertandingan Paralimpiade Tokyo sendiri dijadwalkan berlangsung dari 24 Agustus hingga 5 September 2021 mendatang. Paralimpiade akan digelar tanpa penonton untuk mengantisipasi penularan COVID-19.

WowKeren - Paralimpiade Tokyo 2020 siap digelar pada 24 Agustus 2021 mendatang. Menjelang pembukaan, pihak penyelenggara pun menyatakan telah mengidentifikasi kasus virus corona (COVID-19) pertama di Kampung Atlet Paralimpiade.

Pejabat Paralimpiade menyatakan kasus COVID-19 tersebut tidak melibatkan atlet atau siswa. Namun mereka tidak mengungkapkan secara jelas identitas pasien COVID-19 tersebut.

Pada Rabu (18/8), pihak penyelenggara menyatakan sudah ada lebih dari selusin kasus COVID-19 yang diidentifikasi terkait dengan Paralimpiade. Namun ini merupakan pertama kalinya kasus COVID-19 ditemukan di Kampung Atlet Paralimpiade.

Adapun kasus COVID-19 pertama di Kampung Atlet Paralimpiade ini terjadi kala Tokyo dan Jepang terus mencatatkan rekor kasus harian. Pada Kamis (19/8), Tokyo mencatatkan lebih dari 5.500 kasus COVID-19 baru dalam sehari. Angka tersebut merupakan rekor baru kasus COVID-19 harian Tokyo.


Sementara itu, pertandingan Paralimpiade Tokyo sendiri dijadwalkan berlangsung dari 24 Agustus hingga 5 September 2021. Menurut pihak penyelenggara, tidak ada penonton yang diizinkan di acara tersebut untuk mengurangi penularan COVID-19.

Pengumuman ini disampaikan dalam pernyataan bersama Komite Paralimpiade, Komite Penyelenggara Tokyo 2020, dan pemerintah Jepang serta Tokyo. Kebijakan ini diambil lantara kasus COVID-19 masih menular pada tingkat berbahaya di Jepang.

"Mengingat deklarasi darurat yang dikeluarkan untuk prefektur Tokyo, Saitama dan Chiba saat ini... dan situasi infeksi saat ini secara luas, tindakan yang lebih ketat akan diambil untuk kompetisi yang akan diadakan di prefektur ini, termasuk tidak memiliki penonton," demikian pernyataan bersama tersebut. "Terkait event jalan raya, pihak penyelenggara meminta masyarakat untuk tidak datang ke pinggir jalan untuk menonton pertandingan."

Seluruh penggemar didorong untuk menonton Paralimpiade di rumah masing-masing. Tokyo sendiri akan berada di bawah status darurat hingga setidaknya 12 September 2021 mendatang. Jepang juga akan memperluas cakupan status darurat COVID-19 ke 7 perfektur lain mulai Jumat (20/8) mendatang.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait