Program TV Dikritik Usai Pamerkan Rumah Mewah Seleb di Tengah Krisis Korea Selatan
MBC
TV

Saat ini, ada krisis perumahan di Korea Selatan karena banyak anak muda tidak mampu membeli rumah. Harga rumah rata-rata di Seoul melonjak 22 persen dari 2019 hingga 2020.

WowKeren - Program TV Korea Selatan saat ini memang banyak mengungkap kehidupan sehari-hari para selebriti. Namun program-program itu belum lama ini ramai menuai kritikan dari para penonton yang tidak nyaman.

Kritikan muncul karena program TV itu memperlihatkan sebagian besar selebriti yang tinggal di rumah dengan harga tinggi yang tidak realistis di saat kebanyakan orang menderita akibat melonjaknya harga rumah baru-baru ini.

Saat ini, ada krisis perumahan di Korea Selatan karena banyak anak muda tidak mampu membeli rumah. Harga rumah rata-rata di Seoul meningkat 50 persen dari 2017 dan melonjak 22 persen dari 2019 hingga 2020, lompatan tertinggi dari kota besar mana pun di Asia. Rata-rata apartemen Seoul sekarang bernilai 1 juta dollar.

Program MBC "I Live Alone" menjadi salah satu acara yang langsung terkena kontroversi ini. Menurut laporan media pada 22 Agustus, apartemen baru yang diperlihatkan Jun Hyun Moo dalam episode terbaru memiliki luas 156 meter persegi dengan nilai 4,49 miliar won pada akhir tahun lalu.

Program TV Dikritik Usai Pamerkan Rumah Mewah Seleb di Tengah Krisis Korea Selatan

Source: Naver


Park Na Rae membeli rumah terpisah dua lantai di Itaewon melalui lelang dengan harga 5,51 miliar won. Hwasa Mamamoo juga mengungkap apartemen vila mewah baru yang dia tempati, yang menelan biaya sekitar 3 miliar won.

Dengan semakin banyak selebriti yang mengungkapkan rumah mewah mereka di acara itu, beberapa netizen mengkritik bahwa acara tersebut menjadi sulit bagi warga Korea untuk berempati. Secara khusus, Key SHINee menyatakan di program itu bahwa dia bahkan tidak tahu berapa banyak kamar di rumahnya, menyebabkan member terkejut.

Selain "I Live Alone", program-program seperti "Master in the House" SBS, "Superman Is Back" KBS, dan "On and Off" tvN juga memperkenalkan rumah selebriti sambil mengungkap kehidupan sehari-hari mereka.

"Aku merasa dirugikan saat menonton acara seperti 'I Live Alone' dan 'My Little Old Boy' karena merasa acara tersebut hanya menggambarkan kehidupan orang-orang yang tinggal sendirian di rumah yang bagus tanpa harus melakukan apa-apa. Selebriti tinggal di apartemen mewah dengan pemandangan Sungai Han. Bahkan di 'Superman Is Back', keluarga yang tinggal di apartemen Sungai Han memiliki cukup waktu untuk memenuhi kebutuhan bahkan jika ayahnya tidak harus bekerja," tulis seorang netizen.

"Aku tidak tahu apakah ingin melihat selebriti membanggakan rumah miliaran KRW (jutaan dolar) mereka," sambung yang lain. "Di masa lalu, selebriti ditampilkan tinggal di apartemen satu kamar kecil atau jenis studio dan pemirsa merasa terhubung tetapi sekarang tidak banyak yang bisa kami empati, memalukan," pungkas netizen lainnya.

(wk/amal)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru