PSI Sebut Baru 60 Persen Pegawai TransJakarta Divaksinasi, Wagub DKI Buka Suara
transjakarta.co.id
Nasional

Keputusan Gubernur (Kepgub) DKI Jakarta Nomor 974 Tahun 2021 telah mengatur syarat wajib vaksinasi di sektor transportasi massa untuk pengendara, petugas, dan pengguna.

WowKeren - Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) di DPRD DKI Jakarta menyoroti banyaknya petugas TransJakarta yang belum menerima vaksinasi COVID-19. Menurut anggota Fraksi PSI DPRD DKI, Eneng Malianasari, baru 60 persen pegawai TransJakarta yang telah menerima vaksinasi.

"Bagaimana bisa menuntut seluruh penumpang sudah wajib vaksin, tapi sebaliknya pekerja yang bertugas justru belum terlindungi vaksin? Seharusnya pelayan publik menjadi contoh dan kalau bisa mendekati 100 persen tervaksin," tutur Eneng pada Rabu (1/9).

Adapun Keputusan Gubernur (Kepgub) DKI Jakarta Nomor 974 Tahun 2021 telah mengatur syarat wajib vaksinasi di sektor transportasi massa untuk pengendara, petugas, dan pengguna. Kepgub tersebut ditetapkan pada 10 Agustus 2021 lalu.

Eneng sendiri menilai vaksinasi petugas TransJakarta sangat penting lantaran mereka berkontak langsung dengan kerumunan penumpang di halte dan di dalam bus. Oleh sebab itu, Eneng meminta TransJakarta untuk mencontoh PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) yang mewajibkan vaksinasi COVID-19 bagi seluruh pegawainya.


"Seharusnya direksi Transjakarta memastikan seluruh pegawainya telah menjalani vaksinasi, sehingga penumpang merasa aman menggunakan transportasi massal," tegas Eneng.

Menanggapi kabar banyaknya pegawai TransJakarta yang belum divaksinasi, Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria pun buka suara. Riza mengaku akan mengecek kebenaran informasi tersebut terlebih dahulu.

"Informasi ini baru saja saya terima, nanti akan dicek. Harusnya semua tenaga kesehatan, tenaga pelayan publik sudah mencapai pendekatannya sudah harus selesai mendekati 100 persen," tutur Riza di Jakarta, Kamis (2/9).

Lebih lanjut, politisi Partai Gerindra tersebut berharap seluruh pegawai TransJakarta dapat segera divaksinasi. Riza juga akan meminta manajemen TransJakarta untuk terus memantau kondisi anak buahnya, sehingga jangan sampai ada pegawai yang tidak divaksinasi.

"Mudah-mudahan angkanya tidak sebesar itu. Insya Allah nanti kita Pastikan semua pelayanan publik sudah harus divaksin," pungkas Riza. "Nanti Transjakarta harus memastikan, bahwa seluruh karyawan yang terlibat langsung harusnya sudah divaksin."

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait