Kemenkes Ungkap Positivity Rate Capai 10 Persen, RS Bisa Kembali Terima Pasien Non COVID-19
https://fk.ui.ac.id/
Nasional

Kondisi COVID-19 di Indonesia belakangan ini terus menerus menunjukkan tren penurunan. Kabar baik ini disampaikan oleh Kemenkes yang juga menyebut ada penurunan positivity rate.

WowKeren - Angka kasus COVID-19 di Indonesia belakangan ini terus menerus menunjukkan tren penurunan. Bahkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mencatatkan positivity rate saat ini telah mencapai 10 persen.

Kemenkes menyampaikan bahwa kondisi kasus COVID-19 di Indonesia yang terus menerus mengalami penurunan, membuat sejumlah rumah sakit telah bisa kembali menerima pasien non COVID-19. Kemudian tempat isolasi terpusat kini dipusatkan di RS Darurat COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat.

Siti Nadia Tarmizi selaku Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kemenkes mengatakan bahwa positivity rate di Indonesia kembali turun. "Positivity rate sekarang 10,36 persen, bisa lihat di vaksin.kemkes.go.id," terang Nadia kepada Republika, Kamis (2/9).

Lebih lanjut, Nadia menuturkan bahwa dengan adanya penurunan kasus COVID-19 tersebut, membuat pihaknya menerapkan sejumlah kebijakan baru. Di antaranya adalah penutupan dua tempat isolasi terpusat yakni di Pasar Rumput, Jakarta Selatan, dan Rusun Nagrak, Jakarta Utara, yang kini dipusatkan di Wisma Atlet Kemayoran.


Nadia menambahkan bagi RS yang dulunya ramai dan penuh dengan pasien COVID-19, kini kembali bisa melayani non COVID-19. Meski demikian, khusus untuk RS Haji di Jakarta Timur, tetap menjadi tempat perawatan pasien COVID-19.

Nadia menuturkan apabila kembali terjadi lonjakan kasus COVID-19, maka sejumlah RS tersebut juga harus bersiap konversi tempat tidur. "RS Haji tetap jadi tempat perawatan untuk COVID-19, tetapi sekarang tidak beroperasi," imbuhnya.

Meski demikian, apabila kembali terjadi lonkjakan COVID-19, kata Nadia, RS Haji yang sudah ada, bisa kembali dibuka atau operasional. Sementara mengenai positivity rate COVID-19, sebelumnya Kemenkes mengatakan bahwa di akhir Agustus, mencapai sekitar 18,2 persen.

"Positivity rate kita secara nasional tercatat di angka 18,2 persen atau menurun dibandingkan pekan sebelumnya," tutur Nadia saat itu dalam konferensi virtual PPKM di akun FMB9 pada 25 Agustus 2021.

Dengan tren penurunan kasus COVID-19 yang baik ini, Kemenkes berharap bisa terus berlangsung lama hingga akhirnya Indonesia berhasil keluar dari pandemi. Nadia mewanti-wanti agar masing-masing daerah bisa terus menerapkan protokol kesehatan secara disiplin.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru