Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 20 Bakal Diumumkan, Ada 800 Ribu Kuota
https://dashboard.prakerja.go.id/
Nasional
Kartu Pra Kerja

Kartu prakerja kembali akan membuka pendaftaran dalam beberapa waktu ke depan. Bagi masyarakat yang berminat mengikuti gelombang 20, bisa terlebih dahulu membuat akun di laman resmi prakerja.

WowKeren - Pemerintah meluncurkan sebuah program yakni kartu prakerja bagi masyarakat Indonesia. Adapun program tersebut saat ini telah memasuki gelombang ke 20.

Baru-baru ini, muncul kabar mengenai pendaftaran kartu prakerja gelombang 20 yang akan segera dibuka dalam beberapa waktu ke depan. Hal ini disampaikan oleh Head of Communications PMO Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu.

Louisa menyampaikan bahwa kuota peserta kartu prakerja pada gelombang 20 ada sekitar 800 ribu orang. Angka ini sama dengan gelombang sebelumnya.

"Kuota gelombang 20 adalah 800 ribu," terang Louisa kepada wartawan, Minggu (5/9). "Jadwalnya akan kami umumkan dalam beberapa hari ke depan."

Sebelumnya, kartu prakerja gelombang 19 telah dibuka pada 26 Agustus lalu pukul 12.00 WIB. Kemudian pengumuman hasil seleksi gelombang 19 kartu prakerja diumumkan pada Rabu (1/9).


Louisa menuturkan bahwa pada semester II 2021 ini, kuota kartu prakerja yang dipersiapkan ada sekitar 2,8 juta peserta. Seperti yang diketahui, peserta kartu prakerja akan mendapatkan insentif berupa bantuan dari pemerintah senilai Rp3,55 juta.

Adapun rincian dari total insentif yang diterima peserta kartu prakerja adalah terdiri dari Rp1 juta uang bantuan pelatihan, kemudian Rp600 ribu uang insentif diberikan pascapelatihan selama empat bulan. Lalu Insentif survei sebesar Rp50 ribu untuk tiga kali survei.

Sebagai informasi, uang pelatihan senilai Rp1 juta tidak bisa diuangkan, melainkan harus digunakan untuk membeli pelatihan di platform digital yang tersedia. Dana bantuan ini bisa dicek secara berkala di menu dashboard akun.

Kemudian, pembelian pelatihan pertama harus dilakukan dalam waktu 30 hari setelah mendapatkan pemberitahuan penetapan sebagai penerima kartu prakerja. Jika melewati batas waktu, maka kepesertaan akan dicabut dan saldo bantuan dinyatakan hangus.

Bagi masyarakat yang ingin ikut mendaftar kartu prakerja gelombang 20, bisa mendaftar akun terlebih dahulu melalui laman www.prakerja.go.id. Setelah berhasil membuat akun melalui laman tersebut, bisa mengecek mengenai perkembangan kepesertaan kartu prakerja.

(wk/tiar)

You can share this post!

Related Posts