Telan 41 Korban Jiwa, Kemenkumham Duga Kebakaran Lapas Tangerang Dipicu Hubungan Arus Pendek
Pixabay/Suhas Rawool
Nasional

Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjenpas) Kementerian Hukum dan HAM Reynhard Silitonga menduga kebakaran tersebut disebabkan oleh hubungan arus pendek yang terjadi di Blok C.

WowKeren - Kebakaran yang terjadi Lapas Kelas I Tangerang pada Rabu (8/9) dini hari tadi telah menewaskan 41 orang. Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjenpas) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Reynhard Silitonga menduga kebakaran tersebut disebabkan oleh hubungan arus pendek yang terjadi di Blok C.

"Lapas ini ada tujuh blok, dimana per blok itu ada sembilan kamar. Nah, yang terbakar ini adalah Blok C2, dimana di situ ada aula dan sembilan kamar," ungkap Reynhard pada Rabu. "Kalau blok lain itu jauh. Karena masing- masing blok itu jauh, jadi di blok ini lah terjadi diduga awal hubungan pendek."

Menurut Reynhard, hanya Blok C2 yang hangus terbakar karena petugas pemadam kebakaran berhasil mencegah api menjalar ke blok lainnya. Puluhan korban jiwa dalam kebakaran tersebut diduga berasal dari Blok C.

"Ini musibah yang dialami di Lapas Kelas I Tangerang," kata Reynhard. "Kami berupaya terus mengamankan yang masih ada di blok lain. Saya kira itu, ini di Blok C2 yang diduga terjadi hubungan pendek."


Dugaan serupa juga telah disampaikan oleh Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus. "Sementara diduga akibat arus pendek," ujar Yusri.

Sementara itu, Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran mengungkapkan bahwa api telah berhasil dipadamkan. Seluruh warga binaan yang selamat juga telah dievakuasi.

"Kami sudah melakukan pengamanan TKP dan penyelamatan terhadap warga binaan serta upaya untuk memadamkan dan mengisolasi agar api tidak meluas itu langkah awalnya," papar Fadil di lokasi kejadian.

Selain 41 korban jiwa, kebakaran ini juga menyebabkan delapan orang mengalami luka berat. Sebanyak 72 orang juga mengalami luka ringan.

"Ditemukan ada yang meninggal dunia dan ada yang luka, yang luka segera kita lakukan perawatan di luar rumah sakit Sitanala dan RSUD Kabupaten Tangerang, yang meninggal juga demikian," pungkas Fadil.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru