Peserta SKD CPNS 2021 Harus Lolos Face Recognition, BKN Beri 'Tips' Ini
Nasional
Seleksi CPNS dan PPPK 2021

BKN menyediakan fitur face recognition untuk memastikan peserta yang memasuki ruang ujian SKD CPNS 2021 adalah orang yang sama dengan yang terdaftar di SSCASN.

WowKeren - Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) sebagai bagian dari rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sedang berlangsung. SKD bisa dibilang menjadi "saringan" terbesar untuk menentukan bakal CPNS terbaik untuk kembali bersaing di Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

SKD CPNS 2021 digelar dengan berbagai penyesuaian, terutama karena diselenggarakan di tengah pandemi COVID-19. Salah satunya adalah penyediaan fitur face recognition yang harus dilalui peserta sebelum mengikuti ujian.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) pun menjelaskan apa fungsi dari fitur ini. "Untuk mendeteksi peserta yang mengikuti SKD benar-benar mereka yang terdaftar dalam portal SSCASN," ujar BKN lewat unggahannya di Twitter, Kamis (9/9).

Tentu saja fitur ini berarti untuk meminimalisir potensi adanya calo maupun joki dalam pelaksanaan SKD. Dengan fitur ini, sistem akan mencocokkan peserta yang hadir dengan foto yang diunggah di SSCASN kala pendaftaran kemarin.


"Foto yang kalian input semestinya adalah foto yang sebenarnya," tutur BKN. "Sehingga fitur tersebut bisa mendeteksi bahwa kalian adalah benar peserta SKD."

Fitur yang mengandalkan teknologi untuk mencocokkan wajah peserta dan foto yang diunggah ini tentu memicu keresahan sejumlah orang. Pasalnya mereka khawatir perubahan-perubahan fisik yang dialami bisa menghambat.

Namun BKN rupanya sempat meninggalkan "tips", merujuk pada apa yang dilakukan salah seorang peserta dari Tilok SKD Flores Timur. "(Yaitu) touch up ulang untuk pastikan wajah kalian sama kinclongnya dengan foto yang kalian input," imbuh BKN, yang tentu saja dibumbui dengan candaan.

Di sisi lain, keberadaan fitur ini memang benar-benar menjadi kekhawatiran beberapa peserta. "Min gimana klo skrg dah gendudddd. Cape bgt ya Allah," keluh @fi***es. "Aku kemaren pake behel, skarang udang lepas ini gak akan ngaruh kan?" tanya @Ag***43. "Gimana yg touch-up nya editan aplikasi min wkwkwkw," seloroh @cl***ng.

Sementara itu, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) juga sudah membeberkan perkembangan persiapan Seleksi Kompetensi untuk peserta rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Namun seleksi yang harus dilalui PPPK ternyata berbeda dari CPNS, seperti dijelaskan di sini.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts