MRT Jakarta Berhenti di Tengah Lintasan Imbas Listrik Putus, PLN Beri Penjelasan
Unsplash/Rendy Novantino
Nasional

Pada Jumat (10/9) pukul 13.41 WIB, MRT Jakarta secara tiba-tiba berhenti beroperasi ketika 4 rangkaian kereta masih di lintasan antar stasiun. Putusnya aliran listrik disebut sebagai penyebabnya.

WowKeren - Peristiwa tak terduga terjadi pada Moda Raya Transportasi (MRT) Jakarta yang tiba-tiba berhenti beroperasi di tengah perjalanan. Belakangan disebutkan bahwa insiden tersebut terjadi karena terputusnya aliran listrik.

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) pun memberikan penjelasan terkait peristiwa mengejutkan ini. PLN memastikan masalah bukan berasal dari sisi kelistrikan perusahaan sebab psokan listrik dalam kondisi normal.

"Pasokan listrik di sisi PLN dipastikan dalam kondisi normal," jelas SRM Komunikasi dan Umum PLN UID Jakarta Raya, Ririn Rachmawardini, dalam keterangannya, Jumat (10/9). Lantas apa yang sebenarnya menyebabkan mogoknya MRT Jakarta ini?

Ririn pun memastikan pihak PLN sudah berkoordinasi dengan manajemen MRT untuk menginvestigasi masalah yang ada. "Hingga kini penyebab gangguan masih dalam proses investigasi internal MRT," kata Ririn.

Sedangkan pihak MRT Jakarta menjelaskan pemeriksaan akan dilakukan setelah operasi MRT selesai. "MRT Jakarta akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut guna mengetahui penyebab kejadian ini," tegas Pelaksana Tugas Corporate Secretary Division Head PT MRT Jakarta, Ahmad Pratomo.


Akibat peristiwa ini, MRT Jakarta memang mengurangi jam operasional yang semula sampai pukul 21.30 WIB menjadi 19.00 WIB. Ahmad Pratomo pun memastikan bahwa pengurangan jam operasional MRT Jakarta hanya berlaku untuk hari ini.

"Kebijakan ini diambil dengan mempertimbangkan keamanan serta keselamatan penumpang," tutur Ahmad Pratomo. "Serta perlu dilakukannya pemeriksaan lanjutan untuk mengetahui penyebab utama dari gangguan listrik yang terjadi."

Operasional MRT Jakarta dilaporkan bermasalah pada pukul 13.41 WIB dan terjadi ketika 4 rangkaian kereta masih berada di antara stasiun. Petugas pun segera melakukan evakuasi dan sebanyak 305 penumpang berhasil diselamatkan.

Ahmad Pratomo menjelaskan gangguan disebabkan terputusnya pasokan listrik operasional. Dan per pukul 15.30 WIB tadi MRT Jakarta kembali beroperasi normal.

"Seluruh penumpang yang berada di empat rangkaian kereta yang masih berada di lintasan telah selesai dievakuasi," ujar Ahmad Pratomo. "Kepada pengguna jasa MRT Jakarta, kami menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan."

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait