Allen CRAVITY Minta Maaf ke Fans, Tak Ada Niat Singgung Arti K-Pop Dengan Cultural Appropriation
INSTAGRAM/cravity_official
Selebriti

Allen CRAVITY secara tidak sengaja membuat penggemarnya kecewa karena pernyataannya ketika ditanyai soal arti K-Pop baginya, tak disangka jawabannya justru dinilai mengandung isu cultural appropriation.

WowKeren - Isu perampasan budaya di kalangan publik merupakan sesuatu yang sensitif untuk dibahas. Bahkan tidak jarang seorang figur publik dikritik karena pemikiran mereka terhadap hal ini. Dan kini tampaknya Allen CRAVITY harus menerima kritikan dari penggemarnya sendiri atas pemikirannya yang dianggap menyinggung.

Dalam wawancara baru-baru ini dengan BuzzFeed News tentang pemikirannya tentang K-Pop, Allen mengatakan bahwa K-Pop menghargai banyak budaya yang berbeda. Ketika ditanya apa arti K-Pop baginya, Allen banyak berkomentar tentang bagaimana dia memandang genre tersebut. Idola Amerika Taiwan ini menggambarkan K-Pop sebagai peleburan raksasa dari musik, pakaian hingga tarian dan mengungkapkan betapa nyaman dan bersyukurnya ia merasa berada di lingkungan K-Pop sebagai idola non-Korea.

Namun, Allen juga membuat pernyataan yang membuat marah dan frustrasi banyak penggemar K-Pop. "K-Pop juga berbeda dengan cara menyatukan dan menghargai — tidak pantas — banyak budaya dan orang yang berbeda dari semua jenis latar belakang," ungkap Allen. Penggemar mengkritiknya karena dianggap meremehkan perampasan budaya dalam industri. Seperti diketahui, "cultural appropriation" atau perampasan kebudayaan adalah istilah yang digunakan ketika seseorang mengadopsi atau menggunakan kebudayaan orang lain yang bukan dari etnis atau rasnya tanpa permisi.

Penggemar melanjutkan untuk menjelaskan masalah tersebut dengan pemikiran Allen. Selama bertahun-tahun, banyak perusahaan dan selebriti Korea telah terlihat memilih gaya rambut, kostum dan banyak lagi dari komunitas yang terpinggirkan untuk digunakan dalam video musik mereka. Contohnya termasuk idola yang mengenakan kepang kotak dan gaya rambut hitam lainnya, hiasan kepala tradisional asli Amerika, bindi India, dan banyak lagi.

Selain gagal memberikan penghargaan pada budaya asli, penggemar telah lama menyatakan bahwa jenis perampasan budaya ini menciptakan dan memaksakan stereotip tentang etnis minoritas yang mana berkontribusi pada budaya penindasan secara keseluruhan. Selain itu, masalah menjadi lebih buruk ketika beberapa idola terus menggunakan istilah ofensif atau rasis dan terlibat dalam karikatur berbahaya seperti wajah hitam.


Secara keseluruhan, perampasan budaya telah lama menjadi titik pertikaian bagi banyak stan K-Pop dari latar belakang non-kulit putih. Karena itu, banyak yang kecewa dan tersinggung dengan komentar Allen yang tampaknya mengabaikan masalah apropriasi yang justru sebagai penghargaan.

Karena hal tersebut, dalam pesan pribadi baru-baru ini di platform Universe Allen telah meminta maaf atas ucapannya dan menjelaskan dari mana dia berasal. Pertama, Allen meminta maaf kepada semua penggemar (baik CRAVITY dan publik) yang mungkin tersinggung dengan jawaban wawancaranya. Allen melanjutkan dengan mengatakan bahwa dia sekarang menyadari tanggapannya berpikiran sempit dan tidak tahu bagaimana perampasan telah merugikan orang lain.

"Terima kasih kepada banyak LUVITY (nama fandom), aku menyadari bahwa tanggapanku terhadap pertanyaan, 'Apa arti K-Pop bagi anda?' adalah pemikiran yang sempit dan muncul dari ketidaktahuan akan fakta bahwa banyak yang telah terluka oleh topik seperti itu," tulis Allen.

Allen kemudian menjelaskan bahwa dia tidak pernah bermaksud untuk melemahkan penggemar yang telah disakiti karena perampasan budaya. Sebaliknya, ia mengatakan komentar itu tanpa disadari dibuat untuk mendukung pemikirannya tentang K-Pop sebagai komunitas global yang inklusif untuk artis dan penggemar.

"Aku sama sekali tidak memiliki niat buruk untuk melemahkan mereka yang mungkin telah terluka. Aku hanya ingin menyoroti klaim bahwa K-Pop adalah komunitas yang berbeda dan dampak besar dalam skala global. Sekali lagi, aku sangat menyesal kepada mereka yang mungkin telah terluka oleh ketidaktahuanku dan akan memastikan bahwa pernyataan seperti itu tidak akan diucapkan lagi. Terima kasih atas pengertiannya," tulis Allen menjelaskan.

Sementara itu, Allen sekali lagi meminta maaf kepada siapa pun yang terluka oleh ketidaktahuannya dan berjanji untuk tidak pernah membuat pernyataan seperti itu lagi. Tentu saja, penggemar terbagi atas tanggapannya. Sementara beberapa orang merasa kata-katanya tidak dapat dimaafkan, terutama mengingat latar belakang internasionalnya, yang lain memuji tanggapan cepat dan pribadi Allen terhadap masalah tersebut dengan menghindari mengandalkan Starship Entertainment selaku agensinya untuk meminta maaf mewakilinya.

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait