HITSfluencer : Filene Krizia, Dari 'Salah Ngomong' Jadi Keterusan FYP
Instagram/filenekrizia
Selebriti
HITSfluencer

Filene Krizia, pemilik akun TikTok clayt.id yang sering FYP berkat video miniatur makanan dari clay. Berawal dari salah ngomong, ini dia rahasia dibalik akun TikTok miliknya.

WowKeren - Siapa yang tidak kenal TikTok? Media sosial yang sedang naik daun ini terus mencetak konten kreator kreatif. Salah satunya adalah Filene Krizia, pemilik akun TikTok clayt.id yang terkenal berkat video tutorial membuat miniatur makanan dari clay.

Eksis sejak Desember 2020, akun TikTok Filene hingga kini sudah diikuti lebih dari 682 ribu followers dengan 12,8 juta likes. Selain video tutorial, Filene sesekali juga mengadakan emoji challenge. Tanpa disangka, videonya banyak mencuri perhatian dan viral. Luar biasa bukan?


Saat ini, Filene memilih fokus pada konten miniatur kuliner nusantara. Hasil karya Filene pun begitu detail. Miniatur bakso, mie ayam, bento, dan sushi terlihat nyata meskipun terbuat dari clay.

Hingga kini video TikTok Filene yang paling banyak ditonton adalah saat ia membuat kuliner Indonesia mie ayam. Video tersebut sudah diputar hingga 12 juta kali. Dalam video tersebut, ia berhasil menyulap clay menjadi mie, sayur hingga daging ayam lengkap dengan mangkuk.

Kepada HITSfluencer WowKeren kali ini, Filene secara eksklusif blak-blakkan soal rahasia dibalik akun TikTok miliknya. Penasaran seperti apa kisahnya? Simak penuturan Filene berikut ini.

(wk/wahy)

1. Berawal Insiden Telur Ceplok, Akun clayt.id Makin Tenar


Berawal Insiden Telur Ceplok, Akun <i>clayt.id</i> Makin Tenar
TikTok/clayt.id

Filene tidak pernah bermimpi untuk menjadi seorang influencer. Akun TikTok awalnya hanya digunakan untuk mengisi waktu luang. Kemudian, ia memulai bisnis dan baru mulai eksis mengunggah konten di TikTok.

Video TikTok Filene yang mencuri perhatian adalah saat ia membuat miniatur telur ceplok dari clay. Lucunya, Filene salah menyebut telur ceplok menjadi telur goreng. Alhasil, video itu pun mengundang banyak komentar netizen.

Karena unik dan "salah omong" inilah, video Filene langsung viral dan diputar hingga 2,6 juta kali. Akun clayt.id pun semakin ramai diperbincangkan.

2. Jadi Influencer Dadakan


Jadi Influencer Dadakan
TikTok/clayt.id

Hanya karena kesalahannya menyebut "telur goreng", Filene akhirnya menjadi influencer dadakan di TikTok. Unggahan video TikTok Filene selanjutnya pun ikut viral.

Dengan latar belakang sebagai arsitek dan menyukai clay sejak kecil, Filene tentu semakin fasih membuat miniatur. Dari hobi, ia kini semakin mengembangkan bakatnya.

"Bukan bener-bener aku pengen jadi influencer pada awalnya," ungkap Filene. "Cuma karena enggak sengaja ada satu videoku yang tiba-tiba viral. Aku bikin video-video selanjutnya dan ikutan viral, jadinya ya terciptalah influencer yang mendadak ini."

3. Coba Kembangkan Ide-Ide Unik


Coba Kembangkan Ide-Ide Unik
TikTok/clayt.id

Meski menjadi influencer dadakan, Filene ternyata cukup serius memikirkan ide-ide konten selanjutnya. Tak jarang ia juga terinspirasi dari konten kreator lainnya.

"Dulunya aku buat TikTok itu cuma buat have fun aja. Tapi lama-lama jadi kepikiran juga, besok upload apa ya? Minggu ini upload apa ya?" beber Filene. "Aku anggap TikTok ini jadi serius, soalnya aku harus mikirin konten juga. Apa konten yang menarik untuk para viewers?"

Tantangan aneh nan sulit dari followers juga pernah dilakukan oleh Filene. Kini, ia menikmati harinya sebagai konten kreator TikTok dengan bahagia.

4. Motivasi Jadi Kunci Sukses Lewati Masa Sulit


Motivasi Jadi Kunci Sukses Lewati Masa Sulit
TikTok/clayt.id

Tak melulu sukses, Filene sesekali mengalami masa sulit. Jumlah tayangan yang tidak seperti harapan sempat membuat Filene stres dan down. Berkat motivasinya untuk terus berjuang, ia kini bangkit kembali.

"Aku mau maju ya aku harus berjuang. Kalo enggak berjuang, pasti aku tetap jalan di tempat. Aku ingin pencapaian lebih besar lagi tentunya," terang Filene. "Jadi memang harus dari motivasi diri sendiri sih, bakal jadi lebih semangat lagi gitu."

5. Tekad Kuat Wujudkan Harapan


Tekad Kuat Wujudkan Harapan
TikTok/clayt.id

Diakui Filene, saat ini ia sangat bermimpi agar memiliki centang biru untuk akun TikTok miliknya. Perlahan ia juga akan membentuk personal branding untuk bisnis dan dirinya sendiri.

Filene juga berharap agar ke depannya nanti ia bisa lebih semangat berkarya di TikTok. Selanjutnya, ia juga berencana untuk melebarkan sayap ke YouTube dengan tutorial yang lebih rinci. Begitu pula dengan bisnis yang digelutinya. Ia bertekad agar dikenal sebagai owner clayt.id.

6. Tips Trending FYP ala Filene


Tips Trending FYP ala Filene
TikTok/clayt.id

Membuat konten unik yang out of the box menjadi salah satu tips trending FYP dari Filene. Pastikan juga untuk mengenali apa yang sedang disukai orang-orang. Selanjutnya, perhatikan jam tayang serta interaksi dengan followers.

Filene menyarankan agar selalu mencari sesuatu baru yang sedang hits. Interaksi followers dalam memberikan komentar, like atau share dapat pula menaikkan engagement.

"Yang paling penting konten sih, soalnya kalo dari awal kontennya udah bosen, orang juga pasti akan langsung scroll. Harus sering searching yang lagi hits sekarang apa," kata Filene. "(Interaksi) Penting sih menurut aku, soalnya itu salah satu cara kita untuk mendekatkan diri dengan followers. Dengan mereka komen, like, atau share, mereka bener-bener menaikkan engagement kita banget."

7. Pesan Bagi yang Ingin Menjadi Influencer


Pesan Bagi yang Ingin Menjadi Influencer
TikTok/clayt.id

Menurut Filene, passion menjadi hal penting dalam menemukan ide konten. Pastikan membuat konten sesuai passion, positif, bermanfaat sekaligus menghibur. Pasalnya, jika tidak sesuai passion, nantinya kalian bakal stres dan pusing sendiri.

Temukan passion untuk menentukan konten apa yang akan digeluti. "Dunia TikTok itu benar-benar nggak ada yang tau. Kadang ada video yang tiba-tiba FYP. Pokoknya, kalau video kalian belum FYP, jangan di delete ya! Bisa saja tiba-tiba FYP. Pokoknya semangat aja, terus berinovasi, cari passion, cari ide konten yang menarik," tandas Filene.

You can share this post!