Nihil Zona Merah dan PPKM Level 4 Tinggal di 10 Wilayah, RI Menuju 'Bebas' COVID-19?
AFP
Nasional
COVID-19 di Indonesia

Per data 19 September 2021, sudah tidak ada zona merah COVID-19 di Indonesia. Saat ini Indonesia didominasi zona kuning alias zona risiko rendah penularan wabah virus Corona.

WowKeren - Tren membaiknya perkembangan wabah COVID-19 di Indonesia semakin terlihat. Mulai dari wilayah dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 yang berkurang ke 10 kabupaten/kota saja, hingga per Minggu (19/9) Indonesia ternyata sudah bebas zona merah COVID-19.

Melansir data di covid19.go.id, per akhir pekan kemarin sudah tidak ada wilayah di Tanah Air yang masuk zona merah setelah Kota Banda Aceh berhasil "naik tingkat". Dengan kata lain, hanya terdapat zona oranye, kuning, dan hijau di Indonesia saat ini. Dengan yang mendominasi adalah zona kuning atau zona penularan rendah.

Per 19 September 2021, zona oranye Indonesia adalah sebanyak 31 kabupaten/kota yang didominasi wilayah luar Jawa-Bali. Provinsi Aceh adalah penyumbang terbesar distribusi zona oranye ini, berikut adalah daftar selengkapnya:


  1. Aceh: Aceh Barat Daya, Pidie Jaya, Pidie, Aceh Jaya, Nagan Raya, Aceh Selatan, Kota Banda Aceh, Aceh Utara
  2. Sumatera Utara: Kota Tebing Tinggi, Kota Tomohon
  3. Bangka Belitung: Bangka Tengah, Kota Pangkalpinang, Bangka, Belitung Timur
  4. Jawa Tengah: Banyumas
  5. DI Yogyakarta: Bantul
  6. Bali: Badung, Gianyar, Bangli, Kota Denpasar
  7. Kalimantan Utara: Tana Tidung, Bulungan
  8. Kalimantan Timur: Berau, Kota Bontang
  9. Sulawesi Tengah: Donggala, Parigi Moutong
  10. Sulawesi Selatan: Tana Toraja, Luwu Timur
  11. Nusa Tenggara Timur: Belu
  12. Papua: Mappi, Puncak

Sementara jumlah kabupaten/kota yang masuk zona kuning per 19 September 2021 adalah sebanyak 481 daerah. Sedangkan zona hijaunya ada di 2 kabupaten/kota.

Sedangkan saat ini hanya tersisa 10 wilayah yang berstatus PPKM Level 4, dengan tidak ada satupun di antaranya di Jawa dan Bali. Kesepuluh wilayah ini tersebar di Sumatera dan Kalimantan.

Sementara untuk penambahan kasus harian COVID-19 pun sudah di bawah 5.000 per hari, dengan total kasus aktif per 21 September 2021 mencapai 52.447 pasien. Meski tren penurunan penularan kasus COVID-19 Indonesia sudah tampak jelas meski hal ini tidak berarti masyarakat bisa mengendurkan kewaspadaan serta disiplin protokol kesehatan.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts