Tak Ingin Disebut Lepas Tangan, KPK Sebut Sudah Coba Bantu Pegawai KPK Yang Dipecat
Nasional

Pegawai KPK yang gagal dalam TWK untuk alih status menjadi ASN kini telah resmi dipecat dan tidak akan kembali bekerja di Gedung Merah Putih. KPK dinilai lepas tangan akan nasib para pegawai yang dipecat.

WowKeren - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah resmi memecat pegawai yang tidak lulus Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) pada Kamis (30/9) kemarin. Puluhan pegawai yang dipecat itu juga telah resmi tidak akan kembali bekerja ke Gedung Merah Putih KPK.

Mengenai pemecatan terhadap pegawai KPK itu, banyak publik yang mengkritisi dan menyebut bahwa lembaga antirasuah itu lepas tangan terhadap nasib mereka. Hal ini pun langsung ditepis oleh Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata.

Alex menuturkan bahwa pihak KPK telah membantu Novel Baswedan Cs untuk mencari kerja. "KPK sebetulnya sudah berkoordinasi dengan beberapa lembaga, kami tidak kemudian membuang diri, kami tetap memperhatikan," terang Alex di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Kamis (30/9).

Lebih lanjut, Alex menuturkan bahwa pencarian pekerjaan itu hanya dilakukan jika diminta pegawai. KPK enggan memaksa pegawai tersebut jika menilai bantuan pencarian pekerjaan oleh KPK tidak sesuai dengan pemikiran mereka. "Tentu itu semua didasarkan atas permohonan dari pegawai, kami akan memberikan atau memfasilitasi," ungkap Alex.


Selain itu, Alex juga mengungkapkan bahwa upaya pencarian pekerjaan di tempat lain itu merupakan program lama KPK. Menurutnya, KPK otomatis akan bisa memasukkan pegawainya ke instansi lain untuk menghilangkan sikap koruptif di sana.

"Dulu sebelumnya kita juga punya program akan menempatkan pegawai KPK di instansi pemerintah dan BUMN startegis menjadi integrity officer, atau pegawai KPK yang kita taruh di sana," papar Alex.

KPK berharap dengan ditaruhnya pegawai di intansi atau BUMN tersebut dinilai integritas pegawai negeri makin tinggi. Alex pun meyakini bahwa korupsi bisa hilang jika tawaran itu diterima.

"Kalau mereka nanti 57 pegawai itu bisa berkarya di tempat lain, nilai-nilai KPK ikut mereka bawa di tempat kerja yang baru, membawa perubahan, itu tentu menjadi kekuatan kita bersama dalam rangka pemberantasan korupsi," tandas Alex.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait