Blitar PPKM Level 1, 12 Daerah di Jateng Malah Kompak Naik ke Level 3 Karena Alasan Ini
jatengprov.go.id
Nasional
PPKM Darurat

Terdapat 12 kabupaten/kota di Jawa Tengah yang sebelumnya berstatus PPKM Level 2, namun kini malah naik ke Level 3. Lantas apakah ini menunjukkan perburukan situasi COVID-19?

WowKeren - Pemerintah melakukan berbagai pelonggaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) menyusul semakin berkurangnya kasus positif COVID-19, salah satunya di Blitar, Jawa Timur yang menerapkan PPKM Level 1. Namun ternyata malah ada beberapa daerah yang naik level, seperti 12 kabupaten/kota di Jawa Tengah.

Dalam perpanjangan PPKM Level hingga 18 Oktober 2021, terdapat 12 daerah di provinsi pimpinan Ganjar Pranowo itu yang berstatuskan Level 3 padahal sebelumnya Level 2. Lantas apa penyebab dari situasi ini? Apakah kasus COVID-19 kembali naik?

Diterangkan Kepala Dinas Kesehatan Jateng, Yulianto Prabowo, ternyata naik status PPKM Level ini berkaitan dengan indikator capaian vaksinasi. Otoritas menilai cakupan vaksinasi di 12 daerah Jateng tersebut belum layak untuk dimasukkan ke PPKM Level 2 sehingga dinaikkan kembali ke Level 3.


"Penyebabnya mulai minggu ini diberlakukan vaksinasi sebagai indikator leveling. Daerah naik Level 3 karena syarat minimal cakupan vaksinasi total 50 persen dan lansia 40 persen belum tercapai," tutur Yulianto melalui pesan singkat, Rabu (6/10).

Berdasarkan pedoman penetapan level PPKM, penurunan dari Level 3 menjadi Level 2 memiliki syarat capaian vaksinasi total minimal 50 persen dan vaksinasi lansia minimal 40 persen. Sementara penurunan dari PPKM Level 2 menjadi Level 1 memiliki syarat capaian vaksinasi total minimal 70 persen dan vaksinasi lansia minimal 60 persen.

Berikut adalah 12 kabupaten/kota yang sebelumnya menerapkan PPKM Level 2 namun kini naik ke Level 3. Yakni Temanggung, Rembang, Pemalang, Pati, Kudus, Kota Pekalongan, Banjarnegara, Pekalongan, Jepara, Grobogan, Blora, dan Batang.

Sedangkan beberapa daerah lain di Pulau Jawa juga ada yang naik ke Level 3 sedangkan sebelumnya di Level 2. Seperti di Jawa Barat, bila pada PPKM sebelumnya ada 10 daerah masuk kategori Level 2, kini tinggal tersisa 3 daerah yakni Kabupaten Pangandaran, Kota Banjar, dan Kota Cirebon.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts