173.329 Peserta Lolos PPPK Guru Tahap I, Nadiem Makarim Ingatkan Hal Ini ke Honorer
Nasional
Seleksi CPNS dan PPPK 2021

Mendikbudristek Nadiem Makarim mengumumkan sebanyak 173.329 peserta dinyatakan lulus seleksi PPPK Guru Tahap I. Nadiem pun mengungkap nasib guru honorer yang belum beruntung di tahap ini.

WowKeren - Pengumuman hasil seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Guru Tahap I telah diumumkan pada Jumat (8/10) sesuai jadwal. Pengumuman disampaikan setelah tertunda beberapa pekan demi penyesuaian afirmasi, seperti tertuang di KepmenPAN-RB Nomor 1169 Tahun 2021.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim pun mengumumkan ada 173.329 peserta yang lulus dalam Seleksi PPPK Guru Tahap I ini. "Hari ini pemerintah mengumumkan 173.329 guru honorer berhasil lulus formasi pada ujian pertama dan akan segera diangkat menjadi guru PPPK," kata Nadiem, Jumat (8/10).

Penerimaan ini berarti setara dengan 53,7 persen dari total formasi PPPK Guru yang disediakan pemerintah. Dengan masih tersedianya hampir 50 persen kuota PPPK Guru 2021, maka peserta masih bisa memperebutkannya lewat Seleksi PPPK Guru Tahap II dan III.

"Ini merupakan hari bersejarah buat kita semua. Ini baru tahap pertama, dan akan ada tahap kedua dan ketiga. Ini baru proses pengangkatan guru PPPK," jelas Nadiem.


Karena itulah, Nadiem menitipkan pesan penting untuk para guru honorer terutama yang belum lolos di tahap pertama. Bahwa guru honorer mendapatkan tiga kali kesempatan mengikuti ujian, sehingga yang belum beruntung bisa mempersiapkan diri untuk mengikuti seleksi berikutnya.

"Bagi guru honorer yang lolos passing grade tapi tidak mendapatkan formasi pada tahap pertama," tutur Nadiem. "Pada tahap kedua dan ketiga akan ada optimalisasi formasi yang mendukung dan membantu guru tersebut menemukan formasi."

Untuk guru yang lolos passing grade di Seleksi PPPK Tahap I pun bisa mengikuti registrasi seleksi tahap berikutnya tanpa mengikuti tes lagi. Namun bila hendak kembali mengikuti tes pun diperkenankan.

"Selamat ada guru honorer yang lolos ujian seleksi pertama dan mendapatkan formasi. Bagi yang belum lolos ujian seleksi pertama atau belum mendapatkan formasi, fokus belajar lagi untuk mengikuti ujian seleksi kedua dan ketiga," pungkas Nadiem.

Untuk memeriksa hasil Seleksi Guru PPPK Tahap I bisa dengan mengakses tautan berikut: http://gurupppk.kemdikbud.go.id/hasil_tahap_1/. Cukup masukkan NIK, Nomor Peserta, dan mengisi kolom verifikasi sebelum mengklik cari untuk kemudian diarahkan kepada hasil seleksi.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts