Pemerintah Tak Buka Rekrutmen CPNS 2022 dan Hanya Ada PPPK, Begini Kata BKN
Instagram/bkn2surabaya
Nasional
Seleksi CPNS dan PPPK 2021

Beredar kabar bahwa pemerintah tidak akan merekrut CPNS 2022 dan hanya membuka rekrutmen PPPK. Benarkah demikian? Begini penjelasan Kepala BKN dan MenPAN-RB.

WowKeren - Proses seleksi untuk rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2021 tengah berlangsung. Namun sudah banyak yang mempertanyakan akankah rekrutmen kembali dibuka pada 2022 mendatang.

Dan belakangan beredar informasi seleksi CPNS 2022 tidak akan diselenggarakan sebab pemerintah hanya membuka rekrutmen PPPK. Salah satunya datang dari pengguna TikTok @Milli Umri yang kemudian melampirkan tangkapan layar dari komentar yang dituliskan Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana.

"2022 hanya PPPK saja. Ke depan penerimaan PNS akan sangat-sangat-sangat sedikit. Yang banyak PPPK. PNS hanya untuk posisi pengambilan kebijakan. Di masa depan Total ASN itu idealnya 20persen PNS dan 80 persen PPPK. Kesejahteraan sama," ujar Bima, sebagaimana tampak di tangkapan layar di TikTok tersebut.

Lalu benarkah komentar yang dilampirkan di TikTok tersebut? Bima pun, kepada Kompas, mengonfirmasi bahwa memang pada 2022 mendatang Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) yang akan direkrut hanyalah PPPK.

"Tahun depan hanya PPPK saja," kata Bima, Jumat (8/10). "Belum ada kebijakan (pengadaan CPNS 2022)."


Dan rupanya pada September 2021 kemarin, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo juga sudah mengonfirmasi bahwa rekrutmen CASN 2022 hanya untuk PPPK. "Pengadaan ASN Tahun 2022 dilakukan hanya untuk PPPK," tutur Tjahjo dalam keterangan tertulis, 20 September 2021.

Tjahjo juga menjelaskan bahwa pada 2021 sebenarnya pemerintah telah membuka sebanyak 1 juta formasi untuk Guru PPPK. Namun akhirnya hanya tersisa 507.949 formasi setelah melalui seleksi.

"Oleh karena itu, pada tahun 2022, sisa formasinya akan dibuka kembali," sambung Tjahjo. "Untuk diusulkan kembali oleh pemerintah daerah."

Di sisi lain, proses rekrutmen CASN 2021 tengah berlangsung. Saat ini untuk rekrutmen CPNS 2021 tengah berada di tahap Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang diselenggarakan oleh semua instansi dengan protokol kesehatan COVID-19 yang ketat.

Sementara proses rekrutmen PPPK Guru 2021 sudah memasuki fase pengumuman hasil Seleksi Kompetensi Tahap I. Sebanyak 173 ribu peserta dinyatakan lulus di Seleksi PPPK Guru Tahap I, sedangkan pemerintah akan melanjutkan ke fase Seleksi Tahap II dan III.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts