Fitur Baru Intip Belanjaan Teman Dikritik Langgar Privasi, Shopee Buka Suara
Shopee
SerbaSerbi

Shopee ternyata meluncurkan fitur terbaru yang bisa memantau riwayat aktivitas teman saat menggunakan aplikasi tersebut. Namun fitur ini dikritik melanggar privasi pengguna.

WowKeren - Belum lama ini media sosial dihebohkan dengan fitur baru yang disediakan e-commerce Shopee. Sebab aplikasi perbelanjaan daring tersebut menyediakan fitur yang memungkinkan untuk melihat aktivitas teman, termasuk barang belanjaan apa saja yang pernah dibeli atau diulasnya.

"BE CAREFUL ! Buat temen-temen pengguna @ShopeeID yang emang belum tahu atau gak nyadar, coba cek pengaturan privasi nya deh," cuit @efify. "Pas buka chat, aneh ada tab baru aktivitas temen. Pas gue buka, isinya barang yang dibelanjain temen gue dan dia review barang apa aja. Ngeri njir."

"Tadi gue sempet liat temen gue belanja apaan aja. Padahal dia gak aktif socmed apapun. Kan ga mungkin dia niat ngumbar. Semacam pelanggaran privasi itu mah. Njirrrrr~" sambungnya.

Pengguna Twitter yang mencuitkan soal fitur tersebut mengaku khawatir apabila ada pemilik akun Shopee yang tidak memerhatikan aspek privasinya. Namun sebenarnya, seperti apa fitur ini menurut Shopee?


Fitur Baru Intip Belanjaan Teman Dikritik Langgar Privasi, Shopee Buka Suara

Twitter/efify

Akun Twitter resmi Shopee, @ShopeeID, menjelaskan bahwa fitur tersebut, termasuk soal riwayat kegiatan selama menggunakan aplikasi, bisa diatur. "Kamu dapat melakukan pengaturan fitur Aktivitas Teman dengan cara Klik "Saya" > Pengaturan Akun > Pengaturan Privasi," tulis Shopee sebagai tanggapan atas utas kritik yang disampaikan @efify.

"Sebagai info tambahan, barang-barang sensitif secara otomatis tidak dapat dilihat oleh pengguna lain sama sekali," imbuh Shopee. Dan ditambahkan Juru Bicara Shopee Indonesia, kontrol soal privasi pengguna tetap diberikan secara penuh kepada yang bersangkutan.

"Kami informasikan bahwa Pengguna memiliki kontrol penuh untuk bisa mengatur privasi akun terkait riwayat kegiatan mereka. Shopee juga telah mengatur agar barang-barang dari kategori sensitif secara otomatis tidak dapat dilihat oleh pengguna lain," tegas Jubir Shopee Indonesia kepada detikINET, Jumat (15/10).

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts