PON XX Papua Resmi Ditutup Wapres Ma'ruf Amin, Jabar Jadi Juara Umum
wapresri.go.id
Nasional
PON XX Papua 2021

PON XX Papua resmi ditutup oleh Wapres Ma'ruf Amin pada Jumat (15/10) malam waktu setempat setelah digelar selama 2 pekan. Dalam penutupan ini, Ma'ruf juga memberikan apresiasi kepada penyelenggara.

WowKeren - Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua telah digelar selama dua pekan sejak 2 Oktober lalu. Pada Jumat (15/10) malam ini, perhelatan olahraga nasional itu telah resmi ditutup oleh Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin.

Adapun rangkaian acara penutupan PON XX Papua itu dimulai sejak pukul 19.00 WIT (17.00 WIB). Acara penutupan ini diawali dengan lagu Indonesia Raya, kemudian dilanjutkan dengan penampilan kesenian, termasuk di antaranya adalah tari tradisional.

Kemudian, para atlet beriiringan masuk arena penutupan PON XX Papua. Selanjutnya, Gubernur Papua yang juga merupakan Ketua Umum Panitia Besar PON (PB PON) XX 2021, Lukas Enembe memberikan sambutan.

Setelah itu, Ma'ruf secara resmi menutup perhelatan olahraga terbesar nasional PON XX Papua dengan pidato selama lebih dari 10 menit. Dalam pidatonya itu, Ma'ruf juga memberikan apresiasi atas penyelenggaraan PON XX yang dinilai sukses berjalan lancar.


"Dua pekan sudah PON 2020 Papua 2021 terselenggara dan akhirnya kita sampai pada puncaknya di malam hari ini," papar Ma'ruf dalam pidato. "Atas nama Bapak Presiden dan saya sendiri selaku Wakil Presiden dan segenap rakyat Indonesia menyampaikan selamat dan apresiasi setinggi-tingginya kepada pemerintah daerah dan masyarakat Papua atas penyelenggaraan PON 2020 yang sukses."

Lebih lanjut, Ma'ruf juga menyebutkan bahwa sejarah akan mencatat penyelenggaraan PON yang untuk pertama kalinya digelar di Bumi Cendrawasih dan berlangsung dengan sukses. Selain itu, ia juga menyinggung mengenai penyelenggaraan PON XX Papua ini sebagai yang tidak mudah dilaksanakan.

Seperti yang diketahui, PON XX Papua ini digelar di tengah pandemi COVID-19, serta pembangunan berbagai venue yang berstandar internasional dengan jarak jauh satu sama lain. Sehingga, Ma'ruf menyebut bahwa penyelenggaraan PON XX ini menjadi yang tersulit.

Penutupan PON XX Papua ini kemudian ditutup dengan penurunan bendera olahraga diiringi lagu Bagimu Negeri. "PON 2020 saya nyatakan dengan resmi ditutup, sampai jumpa pada PON 21 nanti," tandas Ma'ruf.

Dalam PON XX ini, Jawa Barat (Jabar) menjadi juara umum dengan mengoleksi 133 emas, 105 perak, dan 115 perunggu. Kemudian posisi kedua ditempati oleh DKI Jakarta, dan ketiga diraih oleh Jawa Timur (Jatim). Selanjutnya, PON 2024 akan dilaksanakan di Aceh dan Sumatera Utara.

(wk/tiar)

You can share this post!

Related Posts