Meski PON XX Papua Telah Usai, Relawan COVID-19 Di Mimika Diharapkan Tetap Sosialisasikan Prokes
Nasional
PON XX Papua 2021

PON XX Papua telah selesai digelar dan secara resmi ditutup oleh Wapres Ma'ruf Amin. Meski demikian, Sub Satgas Prokes Kabupaten Mimika berharap agar para relawan bisa terus mengedukasi warga soal ​COVID-19.

WowKeren - Pekan Olahraga Nasional (PON) XX yang diselenggarakan di Papua telah resmi ditutup pada 15 Oktober 2021 lalu, oleh Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin. Pada PON kali ini, Jawa Barat (Jabar) menjadi juara umum.

Seperti yang diketahui, penyelenggaraan PON XX ini dilaksanakan di tengah pandemi COVID-19. Maka dari itu sebelum hingga saat PON XX digelar, pemerintah sangat memperhatikan penerapan protokol kesehatan (prokes) secara disiplin dan ketat.

Selama PON XX berlangsung, Sub Satgas Prokes Kabupaten Mimika menggandeng relawan dari berbagai komunitas dan organisasi untuk mensukseskan jalannya pertandingan. Adapun tugas para relawan itu berakhir seiring PON XX Papua secara resmi ditutup.

Akan tetapi, Kasubsatgas Kabupaten Mimika, Asep Supriatna berpesan kepada relawan tersebut untuk bisa tetap mengedukasi dan mensosialisasikan tentang COVID-19 meski sudah tidak lagi bertugas. Selain itu, ia juga berharap agar para relawan bisa mengajak orang-orang terdekat untuk tetap taat menjalankan prokes hingga keluar dari pandemi COVID-19.


"Diharapkan ke depannya tetap bersemangat untuk mengedukasi dan sosialisasi masyarakat terkait penanganan COVID dan bersedia menjadi komponen penanggulangan bencana khususnya ketika terjadi bencana di Kab. Mimika," terang Asep dalam keterangan di laman BNPB, Senin (18/10).

Sebelumnya, di hari penutupan PON XX, Asep juga menyerahkan penghargaan pada seluruh pihak yang terlibat di Subsatgas Prokes Mimika pada 15 Oktober lalu. Ia menerangkan bahwa BNPB atau Satgas COVID-19 Nasional memberikan apresiasi dan penghargaan kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam Subsatgas PON Kabupaten Mimika.

Senada dengan Asep, Ananda Karunia selaku Koordinator Bidang Relawan Satgas Prokes Kabupaten Mimika, menyampaikan bahwa para relawan yang telah bertugas selama PON XX Papua, memiliki kinerja yang sangat baik. Selama pertandingan berlangsung, relawan telah membantu program pemerintah dalam penyelenggaraan PON yang lancar, serta meminimalisir penyebaran COVID-19.

Sebagai informasi, selama PON XX berlangsung, para relawan dibekali dengan vitamin, sarung tangan, dan hand sanitizer, guna menjaga kesehatan dan kebersihan diri mereka masing-masing. Tidak hanya itu, mereka juga dilakukan swab antigen kepada seluruh personel yang terlibat dan hasilnya semua negatif.

(wk/tiar)

You can share this post!

Related Posts