Perjalanan Tim Indonesia Raih Kembali Piala Thomas Setelah 19 Tahun Menanti
Instagram/badminton.ina
Nasional

Tim Indonesia memulai perjuangannya di penyisihan Grup A Piala Thomas 2020. Indonesia berhasil memimpin klasemen usai mengalahkan tiga tim lain di Grup A, yakni Taiwan, Thailand, dan Aljazair.

WowKeren - Indonesia mengakhiri penantian selama 19 tahun usai berhasil menjuarai ajang kejuaraan bulu tangkis Piala Thomas 2020 yang digelar pada 9 Okt 2021 – 17 Okt 2021. Meski demikian, perjalanan Indonesia ke podium juara Piala Thomas 2020 yang digelar di Aarhus, Denmark, tersebut tidaklah mudah.

Tim Indonesia memulai perjuangannya di penyisihan Grup A Piala Thomas 2020. Indonesia berhasil memimpin klasemen usai mengalahkan tiga tim lain di Grup A, yakni Taiwan, Thailand, dan Aljazair.

Setelah berhasil melibas Aljazair di laga pertama Grup A, Indonesia menghadapi perlawanan sengit dari Thailand dalam laga kedua yang digelar pada 11 Oktober 2021.

Indonesia bahkan sempat tertinggal dari Thailand karena kekalahan Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie di sektor tunggal putra. Meski demikian, Indonesia akhirnya berhasil menang dengan skor 3-2 berkat perjuangan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo; Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto; serta Shesar Hiren Rhustavito.

Usai mengalahkan Thailand, Indonesia kembali mendapat perlawanan sengit dari Taiwan dalam laga terakhir Grup A. Meski demikian, Indonesia sukses melibas Taiwan dengan skor 3-2.


Pada babak perempat final Piala Thomas 2020, Indonesia sukses mengalahkan tim Malaysia. Pada Jumat (15/10) Jonatan Christie memastikan kemenangan Indonesia usai berhasil mengalahkan Ng Tze Yong dari Malaysia dengan skor 14-21, 21-19, dan 21-16. Tim Indonesia sukses mengalahkan Malaysia dengan skor 3-0.

Dalam babak semifinal, Indonesia harus berhadapan dengan tuan rumah Denmark. Pada Sabtu (16/10), Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto memastikan kemenangan Indonesia usai berhasil mengalahkan ganda putra Denmark, Mathias Christiansen/Frederik Sogaard. Atas capaian tersebut, Indonesia sukses menang atas Denmark dengan skor 3-1.

Setelah itu, Indonesia melaju ke babak final Piala Thomas dan harus berhadapan dengan Tiongkok sang juara bertahan. Ini merupakan ke-6 kalinya tim Indonesia bertemu dengan Tiongkok dalam babak final Piala Thomas. Tiongkok sendiri tercatat sudah tiga kali mengalahkan Indonesia dalam final Piala Thomas, yakni pada tahun 1982, 1986, dan 2010.

Atas perjuangan Anthony Sinisuka Ginting, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, dan Jonatan Christie, Indonesia sukses mengalahkan Tiongkok dengan skor 3-0. Dengan demikian, Indonesia kembali menjadi juara Piala Thomas 2020 setelah 19 tahun.

Sebagai informasi, Indonesia terakhir kali menjuarai Piala Thomas pada tahun 2002 silam. Kala itu, tim Indonesia menang atas Malaysia dengan skor 3-2. Hendrawan menjadi penentu kemenangan usai mengalahkan Roslin Rashim.

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts