Data Bocor di Forum Hacker, KPAI Klaim Sudah Laporkan ke Polri Sejak 18 Oktober
kpai.go.id
Nasional

KPAI membenarkan perihal pencurian data dari databasenya hingga kini diperjualbelikan di RaidForums. KPAI pun mengaku sudah melaporkan ke Bareskrim Polri, BSSN, sampai Kominfo.

WowKeren - Data penduduk Indonesia kembali dilaporkan bocor di forum peretas RaidForums. Kali ini data disebut berasal dari database pengaduan di situs Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI).

Perihal pencurian data yang terjadi pun dibenarkan oleh pihak KPAI. Bahkan KPAI mengklaim sudah melaporkan masalah tersebut ke Bareskrim Polri sejak Senin (18/10) kemarin.

"Perlu kami sampaikan bahwa saat ini telah terjadi pencurian database KPAI. Menindaklanjuti hal tersebut, pada tanggal 18 Oktober 2021, KPAI telah menyampaikan laporan kepada Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Mabes Polri," ungkap Ketua KPAI, Susanto, dalam keterangannya pada Kamis (21/10).

KPAI pun tak berhenti menindaklanjuti pencurian data yang dialami. Seperti dengan menyampaikan surat kepada Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) pada Selasa (19/10), lalu diikuti dengan pengiriman surat terhadap Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate pada Rabu (20/10).


Laporan tersebut pun, disampaikan Susanto, sudah ditindaklanjuti oleh Bareskirm dan Kominfo. KPAI juga telah melakukan sedaya upaya untuk mengurangi dampak dari pencurian data yang ada.

"Menindaklanjuti surat tersebut, Direktorat Siber Mabes Polri dan Badan Siber dan Sandi Negara telah berkoordinasi dengan KPAI untuk langkah-langkah selanjutnya," terang Susanto. "Dan KPAI telah melakukan mitigasi untuk menjaga keamanan data."

Meski demikian, Susanto tak menjelaskan detail mitigasi seperti apa yang sudah dilakukan pihaknya terkait dengan pencurian data yang terjadi. Namun Susanto hanya menegaskan bahwa insiden yang terjadi tidak mengganggu pelayanan KPAI yang akan tetap berjalan seperti biasa.

"Adanya kasus pencurian data ini tidak mengganggu layanan pengaduan KPAI. Layanan tetap berjalan dan aman," tegas Susanto.

Sebelumnya pencurian data KPAI menjadi sorotan karena berarti data pribadi WNI kembali bocor di forum peretas. Bahkan penjual data KPAI, akun RaidForums C77, mengklaim bahwa keamanan situs Indonesia terutama dengan ekstensi go.id tergolong lemah.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru