Kapolri Sebut Jelang Akhir Tahun Aktivitas KKB Papua Meningkat, TNI/Polri Diminta Waspada
humas.polri.go.id
Nasional

KKB Papua hingga saat ini masih menjadi sebuah ancaman serius bagi masyarakat setempat. Maka dari itu, Kapolri meminta agar seluruh jajarannya dan TNI bisa meningkatkan kewaspadaan.

WowKeren - Aksi terorisme Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua hingga saat ini diketahui masih menjadi sebuah ancaman yang perlu diwaspadai. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan bahwa menjelang akhir tahun, aktivitas dari KKB akan meningkat dan menguat.

Maka dari itu, Listyo minta agar seluruh anggota Polri bersama prajurit TNI mewaspadai ancaman dari KKB Papua. Dengan adanya peningkatan aktivitas dari KKB Papua itu, dinilai berpotensi menimbulkan gangguan keamanan. "Kegiatan KKB, KKSB (kelompok kriminal separatis bersenjata) akan meningkat intensitasnya," terang Listyo saat memberi pengarahan bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto di Timika, Papua, Jumat (22/10).

Listyo pun menginstruksikan kepada jajarannya dan meminta prajurit TNI agar tetap siaga menjaga wilayah-wilayah di Papua seperti saat menjaga keamanan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX. "Pertahankan dan lanjutkan sampai akhir tahun, keberhasilan kemarin membuat kita bangga. Akan tetapi, tidak boleh lengah karena ada tugas yang dihadapi," papar Listyo saat di Markas Brigade Infanteri Raider 20/IJK, Timika, Papua.


Lebih lanjut, Listyo juga menyampaikan terima kasih secara langsung kepada polisi dan prajurit TNI yang telah menjaga keamanan dan ketertiban selama PON XX berlangsung. Kemudian, ia juga mengatakan bahwa bagi Indonesia dan Papua, penyelenggaraan PON XX itu bernilai sangat strategis lantaran merupakan event nasional yang diselenggarakan di tengah pandemi COVID-19.

Maka dari itu, Listyo menerangkan kesuksesan penyelenggaraan PON XX di Papua menjadi ajang menunjukkan kepada masyarakat Indonesia dan dunia bahwa Bumi Cendrawasih tersebut adalah wilayah yang aman serta siap menjadi lokasi berlangsungnya acara-acara skala besar. "Itu semua bisa terjadi karena kerja keras rekan-rekan TNI dan Polri serta berbagai elemen masyarakat terkait," imbuhnya.

Kemudian, Listyo menyampaikan sedikit cerita upaya dari kepolisian dan TNI bisa berhasil menghalau dan mencegah ancaman dari kelompok kriminal politik (KKP) menjelang penyelenggaraan PON XX Papua. Ia menjelaskan bahwa TNI/Polri selalu memantau pergerakan kelompok-kelompok yang berusaha untuk mengacaukan penyelenggaraan PON, terutama pada hari-hari terakhir.

(wk/tiar)

You can share this post!

Related Posts