Dahlan Iskan Sebut Karier Andika Perkasa Mirip SBY, 'Kode' Disiapkan Jadi Calon Presiden 2024?
Humas Mabes TNI AD
Nasional

Dahlan Iskan menilai sosok Andika Perkasa, yang kini diproyeksikan menjadi Panglima TNI, berpotensi meramaikan bursa Calon Presiden 2024 karena memiliki karier serupa SBY.

WowKeren - Presiden Joko Widodo telah menunjuk Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa untuk menjadi calon tunggal Panglima TNI. Andika sendiri dijadwalkan menjalani fit and proper test dengan Komisi I DPR RI pada Jumat (5/11) hari ini.

Sejak diumumkan sebagai calon tunggal, sosok Andika pun menjadi sorotan masyarakat luas, termasuk mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan. Bahkan Dahlan Iskan menyebut Andika sebagai sosok yang serupa dengan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono, baik dari segi karier maupun kehidupan pribadinya.

Menurutnya usia jabatan Panglima TNI yang akan diemban Andika memang singkat, yakni hanya setahun, namun tetap bermakna. "Terutama kalau dikaitkan dengan tangga karier sipil berikutnya," kata Dahlan Iskan dalam keterangan tertulisnya di disway.id yang dikutip Pojok Satu.

Lantas sebenarnya, apa saja kesamaan Andika dan SBY dalam kacamata Dahlan Iskan? Yang pertama adalah dari segi popularitas menantu AM Hendropriyono tersebut, bahkan di kelompok minoritas.

"Jenderal Andika sangat populer. Termasuk sangat disenangi di kalangan ibu-ibu, juga dipuji di kalangan minoritas," kata Dahlan Iskan. Hal ini pun dipicu dari sosoknya yang secara fisik pun dinilai menarik serta karier serta kecerdasan yang memikat.


"Bisa mengingatkan orang pada sosok awal kemunculan Pak SBY," imbuh Dahlan Iskan. Malah menurutnya Andika memiliki nilai lebih dibandingkan sang Presiden ke-6 RI.

"Bahkan ini lebih dari itu," ujar Dahlan Iskan. "Sudah bintang 4, sudah doktor, sudah Panglima TNI, yang belum dicapai SBY di kala itu."

Kemudian publik juga menyoroti sosok istri sang jenderal, yakni Diah Erwiany atau yang lebih dikenal sebagai Hetty Perkasa. Hetty, menurut Dahlan Iskan, kerap disejajarkan dengan mendiang Ani Yudhoyono, baik soal kecanitkan, kecerdasan, sampai keterampilan sosialnya.

"Orang menilai SBY-Ani itu serasi sekali. Pun Andika-Hetty," terang Dahlan Iskan. "Daya tarik dua pasangan itu bisa disejajarkan."

Dan kesamaan lain adalah Andika serta SBY sama-sama menantu dari sosok jenderal terkemuka. SBY merupakan menantu Sarwo Edhi Wibowo, sementara Andika adalah menantu dari mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) AM Hendropriyono.

Hal inilah yang memicu Dahlan Iskan menduga Andika akan menjadi sosok baru yang bisa meramaikan bursa Calon Presiden 2024. "Tentu kalau tidak terpeleset dalam jabatan barunya itu. Atau kalau tidak ada gerakan tiga periode yang masif," pungkas Dahlan Iskan.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait