HITSfluencer : Rizki Silitonga, 'Picasso' TikTok Yang Sukses Lahirkan Karya Seni Dari Hati
Instagram/artraas
Selebriti
HITSfluencer

Rizki Silitonga sempat menganggap TikTok alay, namun kini ia sukses menjadi konten kreator seni populer hingga punya tanda centang biru. Ini dia kisah selengkapnya!

WowKeren - Di era modern saat ini, banyak sekali seniman-seniman muda lahir dari TikTok. Salah satunya adalah Rizki Silitonga. Pemilik akun TikTok artraas ini terkenal berkat konten-konten seninya. Ia sering berbagi proses kreatif pembuatan lukisan kepada para pengikutnya.

Aktif sejak Mei 2020, Rizki sudah sukses menyentuh hati 976 ribu followers. Selain itu, ia juga sudah mengumpulkan lebih dari 17 juta likes. Rizki berhasil membuktikan bahwa konten yang sesuai passion juga mampu menghibur para pengikutnya.


Kecintaan Rizki pada seni tidak terbatas hanya melukis saja. Ia juga sering membuat konten desain baju hingga daur ulang barang bekas. Hingga kini, video melukis air terjun di atas tripleks menjadi konten Rizki yang paling populer dengan 7,1 juta kali penayangan.

Bak Picasso, salah satu tokoh legendaris di seni rupa, Rizki sukses menciptakan karya seni menyentuh hati. Salah satu unggahan yang paling menyentuh hati adalah lukisan apresiasi pahlawan samudra. Lukisan itu dibuat Rizki sebagai penghormatan kepada para awak KRI Nanggala 402 yang gugur ketika bertugas. Hingga kini, video itu sudah mencapai 6,6 juta kali penayangan.

Kepada WowKeren untuk rubrik HITSfluencer, Rizki secara eksklusif membagikan rahasia cara membuat konten sesuai passion namun tetap menghibur. Penasaran seperti apa? Simak kisah Rizki berikut ini.

(wk/yoan)

1. Sempat Anggap TikTok Alay


Sempat Anggap TikTok Alay
TikTok/artraas

Sebelum menjadi konten kreator seni, Rizki ternyata pernah menganggap TikTok alay (berlebihan). Namun setelah mengenal lebih dalam, ia akhirnya mematahkan sendiri anggapannya.

"Awalnya banyak (yang) mikir kalau di TikTok ini sedikit alay enggak sih? Pertama aku juga mikirnya gitu. 'Ngapain sih join-join TikTok? Kan alay,'" ungkap Rizki. "Cuma enggak semua yang ada di TikTok ini bersifat alay. Kita bisa buat DIY (Do It Yourself), (atau) sesuatu yang memang enggak harus joget-joget saja."

Rizki sempat berpikir keras untuk memberi nama akun TikTok-nya. Rasa cinta terhadap dunia seni membuat Rizki tidak ragu menulis kata "art" untuk nama akunnya.

"Nama (TikTok) artraas terdiri dari dua kata. Ada art dan RAAS. Kalau art itu adalah seni, sedangkan yang RAAS ini inisial nama aku, Rizki Andika Aprianto Silitonga," terang Rizki.

2. Dapat Satu Juta Penonton Berkat Kaleng Bekas


Dapat Satu Juta Penonton Berkat Kaleng Bekas
TikTok/artraas

Awalnya, Rizki tidak pernah berniat untuk membuat konten melukis. Bahkan, unggahan yang pertama kali viral adalah videonya ketika mendaur ulang kaleng bekas menjadi pajangan dinding. Setelah video kaleng bekas viral, ia mengaku banyak orang yang menantikan konten selanjutnya.

"Pertama kali buat konten itu iseng-iseng saja. (Kontennya) kaleng bekas (yang) dipiloks dan aku kasih sedikit lem di belakang kaleng. Terus, aku (tempel) di dinding jadi tempat pajangan," beber Rizki. "Aku upload -nya malam-malam. Pas aku bangun, sudah satu juta penonton. Aku terkejut sih."

Selanjutnya, konten Rizki berkembang menjadi konten seni lukis. Sesekali ia mengunggah konten desain baju. Tidak disangka, hampir semua jenis konten disukai para pengikutnya. Bahkan, video kocak Rizki saat terjatuh gara-gara rak baju ikut mencuri perhatian. Unggahan ini tentu saja mengundang tawa pengikutnya.

3. Juara Berkat Ikuti Saran Pengikutnya


Juara Berkat Ikuti Saran Pengikutnya
TikTok/artraas

Diakui Rizki, lukisan potret dirinya adalah konten yang paling berkesan. Pasalnya, ia merasa ada kepuasan tersendiri setelah menyelesaikannya.

Di sisi lain, Rizki sangat terbantu oleh para pengikutnya. Misalnya, saat ia tengah galau mengikuti kompetisi desain baju Bunda Latinas. Mereka memberikan saran penting untuk Rizki.

"Banyak followers aku bilang, 'ya sudah, ikutin (desain baju) wayangnya ke acara Bunda Latinas. Siapa tahu bisa menang'. Terus ya sudah aku join -in," ungkap Rizki. "(Karena) aku kurang puas, aku buat lagi desain yang baru versi (gunung) Ijen."

Berkat saran pengikutnya, kedua karya Rizki lolos hingga 10 besar. Ia menjadi satu-satunya peserta yang lolos di 10 besar dengan dua karya. Prestasi Rizki tidak berhenti sampai di situ. Pada tahun 2017, Rizki pernah menjadi runner up kompetisi desain baju Agnes Monica untuk video klip "Long As I Get Paid". Kompetisi ini diadakan oleh Anne Avantie, perancang busana kondang di Indonesia.

4. Rahasia Akun Centang Biru


Rahasia Akun Centang Biru
TikTok/artraas

Memiliki akun centang biru adalah impian bagi semua konten kreator TikTok. Setelah perjuangan panjang, akun TikTok Rizki akhirnya bercentang biru pada bulan Juli lalu.

"Kami ada TikTok Art Community . Jadi, kami itu dipandu dalam satu grup besar. Setiap akhir bulan, bakal ada yang centang biru. Tapi, harus memenuhi syarat,” lanjut Rizki. “Syaratnya itu aktif (membuat) konten, buat konten yang menarik, dan (selalu) ikut setiap ada challenge."

Meski bahagia karena bercentang biru, Rizki ternyata merasa khawatir. Ia khawatir tidak bisa memberikan konten-konten yang lebih baik lagi. Kendati demikian, ia tetap memasang target untuk memiliki satu juta pengikut dan membuat pameran karya sendiri.

5. Sempat Down Karena Persaingan Konten


Sempat <i>Down</i>  Karena Persaingan Konten
TikTok/artraas

Selain beban akun bercentang biru, Rizki pernah merasa down karena persaingan konten. Banyak influencer dengan konten seni seperti Rizki. Tidak heran jika akhirnya ia merasa down.

"Di TikTok, ada banyak influencer di bagian seni lukis dan gambar. Jadi, itu salah satu faktor yang buat (aku) terkadang (merasa) down. Melihat (influencer lain) aktif dengan konten-konten mereka (yang) menarik," jelas Rizki.

Meski demikian, Rizki tidak menyerah begitu saja. Ia terus memacu semangatnya untuk bangkit lagi. Sesuatu yang membuat Rizki down malah diubah menjadi motivasi. Hal inilah yang akhirnya membuat Rizki bangkit dan tetap aktif membuat konten hingga sekarang.

"Tapi di sisi lain, itu enggak harus buat kita down juga. Sebenarnya, jadi pacuan untuk lebih baik lagi. Jadi, kalau mereka bisa, kenapa aku enggak bisa?" lanjut Rizki. "Misalnya ada influencer lain (dengan konten serupa), (pikirkan kalau) mereka adalah mereka, (sedangkan) aku ya aku. Aku ini limited editions."

6. Tips Mencuri Perhatian Dengan Konten Sesuai Passion


Tips Mencuri Perhatian Dengan Konten Sesuai <i>Passion</i>
TikTok/artraas

Membuat konten sesuai passion tentu tidak mudah. Bagi Rizki, kunci terpenting adalah memahami keinginan followers. Selain itu, jangan lupa untuk selalu mengikuti tren.

"Kalau membuat konten (harus) sesuai selera mereka (followers ) juga," saran Rizki. "(Misalnya) belakangan ini viral tentang video 'Squid Game'. Terus, passion ku sendiri kan di bagian seni lukis. Nah, gimana sih aku cara menanggapi 'Squid Game' itu dengan konten aku."

7. Pesan Buat Yang Belum Temukan Passion


Pesan Buat Yang Belum Temukan <i>Passion</i>
TikTok/artraas

Bagi yang ingin membuat konten namun belum menemukan passion , jangan berkecil hati. Kalian masih memiliki kesempatan untuk belajar. Mengenal dan mempelajari berbagai hal akan membantu kalian menemukan satu passion yang cocok.

"Buat yang belum menemukan passion , mungkin cari referensi dari orang-orang juga bisa. Jadi, (memang) harus banyak-banyak belajar. (Setelah itu) do everything with your passion," pungkas Rizki.

You can share this post!