Balasan Pedas KSP Ngabalin Usai Fadli Zon 'Nyinyir' Kapan Jokowi ke Sintang: Butuh Banyak Baca
Instagram/ngabalin
Nasional

Fadli Zon mempertanyakan kapan Presiden Joko Widodo akan berkunjung ke Sintang yang sudah lama terendam banjir. Tenaga Ahli KSP Ali Mochtar Ngabalin pun menilai Fadli kurang memahami regulasi.

WowKeren - Anggota DPR RI Fadli Zon menyindir pedas Presiden Joko Widodo yang meresmikan Sirkuit Mandalika di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat pada Jumat (12/11). Fadli mempertanyakan kapan Jokowi akan berkunjung ke lokasi bencana di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat.

Sindiran Fadli ini pun mendapat reaksi tidak kalah pedas dari pihak Istana. Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Ali Mochtar Ngabalin menganggap nyinyiran Fadli adalah wujud sang politikus kurang membaca.

"Ya saya kira terima kasih ya dia memberikan apresiasi atas peresmian Sirkuit Mandalika. Tapi kalau dia nyinyir seperti itu, itu artinya bahwa dia masih butuh banyak baca lagi. Banyak baca regulasi untuk dia memahami," ujar Ngabalin, Sabtu (13/11).

"Karena dengan statement itu, tidak terlalu etis bagi seorang anggota DPR," imbuh Ngabalin. "Karena saya mengukur dengan dirinya saya waktu saya menjadi anggota DPR RI."


Ngabalin menjelaskan, regulasi di Indonesia sudah mengatur soal pembagian tugas untuk menangani bencana di suatu wilayah. "Negara ini kan (ada) distribusi pengaturan penanganan. Semua lembaga/kementerian itu kan masing-masing mengurus, umpama seperti bencana tentu ada badan yang mengurus," kata Ngabalin.

Selain ditangani oleh K/L yang bersangkutan, bencana juga bisa diurus oleh pemerintah daerah setempat. "Kemudian ada pemda, ada tingkatnya. Mungkin Fadli belum baca regulasi, belum baca aturannya," imbuh Ngabalin.

Ngabalin lantas menjelaskan bagaimana dirinya ketika masih menjabat sebagai wakil rakyat dulu. Biasanya Ngabalin bersama anggota dewan lain mengumpulkan bantuan untuk kemudian disalurkan kepada korban.

"Ada memang di bencana-bencana tertentu yang ditangani langsung oleh Pemda, oleh Pemda Provinsi. Tingkat bawahnya lagi itu oleh pemda tingkat dua atau kota, di atasnya lagi itu ada badan-badan negara/pemerintah," terang Ngabalin.

Fadli menyampaikan komentar pedasnya atas aktivitas Jokowi di Twitter-nya. "Luar biasa Pak. Selamat peresmian Sirkuit Mandalika. Tinggal kapan ke Sintang, sudah 3 minggu banjir belum surut," tulis Fadli, dipantau pada Sabtu (13/11).

(wk/elva)


You can share this post!


Related Posts