Booster Vaksin COVID-19 Bakal Berbayar, Bio Farma Buka Perkiraan Harga
Instagram/KemenkesRI
Nasional

Vaksinasi COVID-19 dosis ketiga alias booster akan diberikan berbayar kepada masyarakat mulai tahun 2022. Berapa kira-kira harga satu dosis vaksin COVID-19 tersebut?

WowKeren - Pemerintah siap melaksanakan program vaksinasi COVID-19 dosis ketiga alias booster pada 2022 mendatang. Namun berbeda dengan program vaksinasi dosis 1-2, booster COVID-19 akan diberikan secara berbayar.

Namun meski sudah dekat tahun 2022, sampai saat ini belum ada penjelasan soal berapa harga vaksinasi booster tersebut. Perihal perkiraan harga ini pun ternyata belum bisa dijawab secara pasti juga oleh Kabag Ops Pelayanan PT Bio Farma, dr Erwin Setiawan.

Nantinya harga vaksinasi booster ini akan ditentukan juga dengan pendampingan BPKP. Hanya saja Erwin menduga harganya tidak jauh berbeda dengan program vaksinasi gotong royong yang sudah diselenggarakan sebelumnya.

"Iya tentu kami juga menunggu nanti dari aspek regulasi, jenis vaksin ap ayang akan digunakan. Tentunya akan ditetapkan oleh pemerintah dengan pendampingan dari BPKP, kita menunggu vaksin jenis apa yang akan digunakan," tutur Erwin dalam konferensi pers FMB9ID_IKP, Kamis (18/11).


Menurut Erwin, harga vaksin gotong royong adalah kurang lebih Rp188 ribu. "Dan juga untuk jasa layanannya kurang lebih Rp117 ribu," tutur Erwin.

"Ini mungkin referensi saat ini vaksin yang berbayar, yang saat ini ada," imbuh Erwin. "Yang pelaksanaannya untuk badan hukum dan badan usaha."

Sebelumnya Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin sudah menegaskan bahwa vaksinasi booster mulai tahun 2022 akan diberikan gratis untuk Penerima Bantuan Iuran (PBI) BPJS Kesehatan. Vaksinasi booster ini pun baru akan dilakukan jika target kelompok lansia sudah terpenuhi.

Di Indonesia, terdapat beberapa jenis vaksin yang beredar seperti Sinovac, AstraZeneca, Moderna, Pfizer, dan Sinopharm. Menurut Bio Farma, Sinovac dipatok dengan kisaran harga Rp200 ribu per dosis di Indonesia, sedangkan Budi Gunadi menyebut harganya sekitar Rp85.000 per dosisnya.

Sedangkan vaksin Sinopharm yang dipakai untuk program vaksinasi gotong royong dibanderol dengan harga Rp321.660 per dosis. Rangkuman harga vaksin-vaksin tersebut berdasarkan UNICEF COVID-19 Vaccine Market Dashboard bisa dibaca selengkapnya di sini.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait