Ditangkap Atas Kasus Pemerkosaan, Kris Wu Resmi Ditendang dari Dunia Hiburan
Selebriti

Kris Wu, yang dituduh melakukan pelecehan seksual, tidak akan dapat melakukan aktivitas selebriti serta siaran livestream pribadi di Tiongkok. Penyanyi tersebut saat ini masih ditahan Biro Keamanan Publik Beijing.

WowKeren - People's Daily melaporkan pada Selasa (23/11) bahwa cabang Internet dari Asosiasi Seni Pertunjukan Tiongkok telah menempatkan total 88 orang dalam daftar peringatan terkait dengan penyiaran Internet. Termasuk dalam daftar tersebut adalah tiga selebriti terkenal seperti Kris Wu, Zheng Shuang dan Zhang Zhehan.

Siapa pun yang termasuk dalam daftar itu tidak akan bisa mendapatkan akun di platform streaming. Dengan demikian, Kris Wu serta dua selebriti lainnya yang disebutkan dalam daftar dikeluarkan dari industri penyiaran internet.

Alasan mereka dilarang dari siaran internet adalah karena mereka menyebabkan kontroversi di Tiongkok atas tuduhan penyerangan seksual dalam kasus Kris Wu. Sedangkan Zheng Shuang dililit kasus penghindaran pajak yang tinggi dan Zhang Zhehan karena kunjungan ke kuil Yasukuni di Jepang.

Sebelumnya, pada bulan Juli, Kris Wu dituduh melakukan pelecehan seksual karena sebuah artikel mengungkapkan yang diposting di jejaring sosial. Penulis mengatakan penyanyi pria ini meminta beberapa wanita untuk bertemu dengan dalih audisi atau pertemuan penggemar kemudian berhubungan seks dengan mereka saat mereka mabuk. Khususnya, diketahui bahwa ada anak di bawah umur di antara wanita-wanita itu.


Pada saat itu, Kris Wu mengklaim "tidak pernah melakukan pelecehan seksual terhadap anak di bawah umur" di Weibo-nya. Tapi dilaporkan bahwa Biro Keamanan Publik Beijing, Tiongkok, menangkapnya karena pemerkosaan.

Sementara itu, South China Morning Post (SCMP) menyatakan bahwa Partai Komunitas Tiongkok menganggap serius kasus Kris karena percaya bahwa klub penggemar idol memiliki pengaruh yang lebih besar daripada partai itu sendiri. Oleh karena itu, Partai Komunitas Tiongkok mengambil kasus ini untuk memberikan contoh untuk mendapatkan kendali atas klub penggemar idol.

SCMP menganalisis bahwa pihak berwenang Tiongkok memilih Kris untuk menjadi contoh karena beratnya kasus. Di Tiongkok, penyerangan seksual atau pemerkosaan terhadap korban di bawah umur adalah kejahatan yang dapat dihukum mati jika terbukti bersalah.

Kris telah aktif di Tiongkok sejak kepergiannya dari EXO. Ia ditangkap oleh polisi karena dituduh melakukan pelecehan seksual dan memperkosa banyak remaja di bawah umur setelah memikat mereka ke hotelnya dengan dalih sebagai pertemuan penggemar pribadi atau audisi.

(wk/dewi)

You can share this post!

Related Posts