Berikut Daftar Negara yang Telah Deteksi Varian Omicron, Ada Indonesia?
Flickr/nihgov
Nasional
Mutasi Corona Masuk Indonesia

Varian Omicron diketahui telah mulai menyebar di sejumlah negara dunia. Varian tersebut saat ini tengah menjadi perhatian dunia lantaran disebut lebih cepat menular dan agresif.

WowKeren - Virus Corona (COVID-19) baru-baru ini kembali bermutasi. Adapun mutasi ini ditemukan di negara Afrika Selatan dan diberi nama oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai varian Omicron. Selain itu, WHO juga mengklasifikasikan varian ini sebagai varian yang mengkhawatirkan atau Variant of Concern (VoC).

Varian Omicron saat ini juga tengah menjadi perhatian dunia, termasuk Indonesia. Tidak hanya ditemukan di negara Afrika Selatan, varian ini tampaknya juga sudah mulai menyebar ke berbagai negara lainnya. Lantas negara mana saja yang telah mendeteksi varian Omicron?

Melansir CNN, diketahui sejauh ini sudah ada sekitar 16 negara yang melaporkan telah mendeteksi varian Omicron. Mengingat varian ini disebut lebih cepat menular dibandingkan dengan Delta, maka diperkirakan jumlah negara yang mendeteksi varian Omicron bisa bertambah.


Dari 16 negara yang telah mendeteksi varian Omicron, kasus terbanyak ditemukan di Afrika Selatan yakni dengan jumlah 77 kasus. Kemudian disusul oleh Belanda dan Portugal yang masing-masing melaporkan 13 kasus.

Berikut 16 negara yang telah mendeteksi varian Omicron:

  1. Australia
  2. Austria
  3. Belgia
  4. Botswana
  5. Kanada
  6. Republik Ceko
  7. Denmark
  8. Jerman
  9. Hong Kong
  10. Israel
  11. Italia
  12. Belanda
  13. Portugal
  14. Afrika Selatan
  15. Spanyol
  16. Inggris Raya

Sementara di Indonesia, sejauh ini, pemerintah belum mengkonfirmasi adanya varian Omicron yang masuk ke Tanah Air. Akan tetapi, menurut Epidemiolog Universitas Griffith Australia, Dicky Budiman, varian Omicron diduga sudah menjangkit Indonesia. Maka dari itu, ia meminta agar pemerintah bisa lebih agresif dalam melakukan teknik pencarian strain virus dengan metode Whole Genome Sequencing (WGS).

Di sisi lain, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sebelumnya juga mengatakan bahwa varian Omicron belum masuk ke Indonesia. Maka dari itu, pemerintah melakukan langkah antisipasi atau pencegahan agar varian tersebut tidak masuk ke Indonesia. Di antaranya pembatasan bagi WNA yang hendak masuk ke RI.

(wk/tiar)

You can share this post!

Related Posts