Gunung Semeru Erupsi, PVMBG Ungkap Sudah Banjir Lahar Mulai Sabtu Siang
Nasional

Gunung Semeru di Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur erupsi pada Sabtu (4/12). Hujan abu yang lebat menyebabkan suasana sore berubah bak malam hari.

WowKeren - Gunung Semeru di Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur erupsi pada Sabtu (4/12). Kata kunci "Semeru" sampai menjadi trending topic di Twitter Indonesia, dipenuhi dengan video ketika gunung memuntahkan muatannya.

"Mohon doanya. Tepat jam 3 sore hari ini... Gunung Semeru d Lumajang," cuit @Yo***09 dan mengunggah video yang menunjukkan warga berlari ketakutan lantaran fenomena alam dari Gunung Semeru. Awan panas berwarna kelabu pekat terlihat "mengejar" di belakang orang-orang yang berlarian mencari perlindungan.

Kabar Gunung Semeru yang meletus ini pun dibenarkan oleh Koordinator Kelompok Mitigasi Gunungapi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Kristianto. "Betul info dari pos demikian dan saat ini masih berlangsung," kata Kristianto dalam pesan tertulisnya.

PVMBG mengaku menerima data soal erupsi Gunung Semeru yang mulai terjadi pada pukul 13.30 WIB. "Diawali terjadinya laharan pada pukul 13.30 WIB dan sampai saat ini masih berlangsung," jelas Kristianto melanjutkan.

Anggota Polsek Candipuro yang berjaga di sekitar lokasi kejadian pun bergegas meminta warga dan sopir-sopir truk pengangkut pasir agar segera menyingkir. Apalagi karena sebelumnya masyarakat berkumpul untuk melihat banjir lahar dingin.


Akibat Gunung Semeru erupsi, wilayah sekitar terlihat gelap gulita meski masih pukul 16.00 WIB. Sedangkan Jembatan Gladak Perak penghubung Malang dan Lumajang putus di tengah upaya evakuasi warga akibat erupsi Gunung Semeru.

"Ketika erupsi terjadi di semeru terjadi hujan abu yang cukup lebat. bahkan sinar matahari tidak dapat menembus lebatnya hujan abu tersebut," tulis @infomitigasi.

Erupsi yang terjadi pun diiringi dengan doa dari warganet agar situasi segera kembali kondusif. "Bismillah. Stay safe, kawan-kawan di Semeru dan sekitar," kata Fiersa Besari.

"Pray for lumajang, buat yg di deket gunung semeru, baik itu sekitarnya atau di lumajang stay safe yaa, selalu bawa dalam doa semoga warga disana selamat aamin," ujar @gg***es. "Stay safe for everyone who lives in malang, lumajang, pasuruan. Stay calm semeru mt," sambung @au***am.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru