Muncul Serial Thailand Adaptasi Fiksi Penggemar Diduga Terinspirasi Dari GOT7 Tuai Pro Kontra
Instagram/got7.with.igot7
TV

Baru-baru ini, serial drama yang diangkat berdasarkan fiksi penggemar mulai marak untuk ditayangkan sehingga menuai pro dan kontra di kalangan fans meski tayangan serial ini sudah dirilis beberapa bulan lalu.

WowKeren - Maraknya sebuah tayangan serial yang diangkat berdasarkan fanfiction atau biasa dikenal sebagai cerita fiksi penggemar dimana dibuat berdasarkan nama tokoh artis asli semakin banyak dijumpai. Meski menuai pro dan kontra untuk diangkat menjadi sebuah tayangan serial, beberapa serial drama baru tetap mengangkat serialnya dari fiksi penggemar.

Salah satu contoh fiksi penggemar yang telah sukses di pasaran adalah film Barat "After" yang merupakan karya fanfiction dari personil boy grup One Direction, Harry Styles. Karena sukses, tidak heran jika karya lainnya mengikuti jejak tersebut seperti salah satu drama terbaru yang diadaptasi dari fanfiction adalah drama Thai BL (Boy Love) berjudul "Nitiman: The Society and Lover".

Diketahui bahwa drama tersebut merupakan hasil dari fanfiction GOT7. Karena ini adalah novel web asal Thailand, tidak ada terjemahan bahasa Inggris resmi. Namun, ada terjemahan bahasa Inggris yang dapat ditemukan.

Terungkap bahwa cerita tersebut menggunakan nama karakter Jay B (JB) dan Jinyoung GOT7. Akan tetapi, nama-namanya sedikit diubah dan masing-masing disingkat menjadi Bom dan Jin. Jadi, meskipun sudah cukup berubah menjadi legal, masih jelas bagi penggemar mengetahui siapa karakter yang menjadi dasar cerita tersebut dibuat.

Plot dari drama Thailand tersebut secara singkatnya menceritakan tentang kehidupan mahasiswa Jin dan Bom. Jin akhirnya menyadari perasaan untuk sepupu mantan pacarnya, Bam yang sudah menyukainya. Serial drama ini dibintangi oleh aktor Thailand Jom Thanathorn Khuankaew sebagai Jinake/Jin dan Noh Phouluang Thongprasert sebagai Be Bomb/Bom.


Kedua karakter utama masih sangat terinspirasi oleh leader GOT7 Jay B dan Jinyoung dan karakteristik mereka dapat terlihat jelas. Sementara drama ini tayang dari 7 Mei hingga 9 Juli 2021, beberapa penonton baru menyadari bahwa serial ini diadaptasi dari fanfiction GOT7 sehingga merasa terguncang ketika mengetahui hal ini.

Lalu, permasalahan kembali muncul ketika fanfiction yang memunculkan karakter mirip Jackson dengan menggunakan nama tokoh "Jack". Aktor Bhu Bhudis Viseshchitra memerankan karakter tersebut dan memiliki paras yang dinilai mirip dengan Jackson.

Karena merasa tidak terima, penggemar GOT7 Ahgasse (nama fandom) bahkan mengancam untuk memberitahu BamBam yang merupakan member GOT7 asal negara tersebut mengenai drama itu. Mengingat dia sudah berteman dengan aktor Thailand Suppasit Jongcheveevat dan Gun Atthaphan Phunsawat, tampaknya BamBam sudah mengetahui hal tersebut.

Sementara itu, permasalahan ini belum selesai kembali muncul fanfiction GOT7 Thailand terkenal lainnya. Leadnya terinspirasi oleh BamBam dan Mark Tuan dan yang mengejutkan lagi jika teman BamBam sendiri yang membintanginya.

Kedua karakter utama masih sangat terinspirasi oleh leader GOT7 Jay B dan Jinyoung dan karakteristik mereka dapat terlihat jelas. Sementara drama ini tayang dari 7 Mei hingga 9 Juli 2021, beberapa penonton baru menyadari bahwa serial ini diadaptasi dari fanfiction GOT7 sehingga merasa terguncang ketika mengetahui hal ini.

Karena mengusung tema tidak biasa, hal ini tentunya menuai pro dan kontra. Banyak yang merasa permasalahan tersebut tidak perlu dibesar-besarkan karena serial itu telah mengganti nama karakternya. Ditambah, member asal Thailand, BamBam juga sudah berteman dengan Suppasit Jongcheveevat dan Gun Atthaphan Phunsawat sehingga besar kemungkinan mengetahui proyek tersebut.

(wk/taki)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru