Peringatan Dini Tsunami di NTT, BMKG Mutakhirkan Data Jadi M 7,4
Twitter/infoBMKG
Nasional

Belakangan, BMKG melakukan pemutakhiran data dan menyatakan bahwa gempa yang terjadi di NTT pukul 10.20 WIB itu memiliki magnitudo 7,4. Meski demikian, BMKG tetap mempertahankan peringatan dini tsunami.

WowKeren - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini tsunami usai wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) digoncang gempa dengan magnitudo 7,5 pada Selasa (14/12). Belakangan, BMKG melakukan pemutakhiran data dan menyatakan bahwa gempa yang terjadi di NTT pukul 10.20 WIB itu memiliki magnitudo 7,4.

Meski demikian, BMKG tetap mempertahankan peringatan dini tsunami. "Pemutakhiran Peringatan Dini #Tsunami untuk wilayah: NTT, #Gempa Magnitudo: 7.4, 14-Des-21 10:20:23 WIB, Lokasi: 7.59 LS, 122.24 BT (113 km BaratLaut LARANTUKA-NTT), Kedalaman: 10 Km #BMKG," cuit BMKG di akun Twitter resminya.

Pemutakhiran Data BMKG

Twitter/@infoBMKG

BMKG juga sempat merilis pemodelan daerah yang berpotensi terkena tsunami. Berdasarkan pemutakhiran pukul 10.39 WIB, empat wilayah di NTT yang berstatus waspada antara lain Flores, Pulau Sikka, Sikka Bagian Utara, dan Pulau Lembata.

"Pemerintah Provinsi/Kab/Kota yang berada pada status 'Waspada' diharap memperhatikan dan segera mengarahkan masyarakat untuk menjauhi pantai dan tepian sungai," demikian bunyi peringatan di laman BMKG.


Setelah itu, BMKG juga mencatat adanya dua gempa susulan. Yang pertama adalah gempa dengan magnitudo 5,6 yang berpusat di 89 kilometer Barat Laut Larantuka, NTT.

Sedangkan yang kedua adalah gempa dengan magnitudo 5,5 yang berpusat di 129 kilometer Barat Laut Maumere-Sikka, NTT. Kedua gempa susulan ini dinyatakan tidak berpotensi tsunami.

Meski kedua gempa susulan ini dinyatakan tidak berpotensi tsunami, banyak warganet yang tetap merasa khawatir. Banyak yang mengaku turut merasakan gempa tersebut.

"Ke Bandung terasa sepersekian detik kaget dah," tulis seorang warganet. "Getarannya kerasa sampe di Makassar," tambah warganet lain.

"Susulan masih lumayan gede juga...semoga aman," komentar warganet lain. "Yaa Allah lindungilah saudara-saudara kami disana," timpal lainnya.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait