39 Kontak Erat Pasien Omicron Pertama   RI Diperiksa Dinkes DKI, Bagaimana   Hasilnya?
Unsplash/Mufin Majnun
Nasional

Satgas COVID-19 DKI Jakarta lantas langsung melakukan tracing terhadap kontak erat petugas kebersihan Wisma Atlet Kemayoran yang merupakan pasien Varian Omicron pertama di Indonesia.

WowKeren - Seorang petugas kebersihan di Wisma Atlet Kemayoran menjadi kasus COVID-19 Varian Omicron pertama yang dikonfirmasi di Indonesia. Satgas COVID-19 DKI Jakarta lantas langsung melakukan tracing terhadap orang-orang yang menjadi kontak erat pasien Omicron tersebut.

"Dia kan (pasien varian Omicron) riwayat positifnya di 8 Desember, kemudian hasil WGS (Whole Genome Sequencing) 15 Desember," papar Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes DKI, Lies Dwi Oktavia, Jumat (17/12). "Jadi ya di-tracing semua temen kerja sehari-harinya bertemu dengan dia sebelum 8 Desember terutama."

Diketahui, ada sekitar 39 orang yang menjadi kontak erat pasien berinisial N tersebut. "Ada sekian puluh orang, kalau nggak salah 39 atau berapa. Kontak eratnya si tuan N ini," paparnya Dwi dilansir detikcom.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, sejumlah kontak erat N dinyatakan positif terpapar COVID-19. Para kontak erat yang positif COVID-19 tersebut harus segera melakukan pengecekan genome secara menyeluruh (whole genome sequencing/WGS) untuk mengetahui jenis variannya.


"Mulai teman yang masih ketemu dengan dia di tanggal 8 dan 9 sebelum hasil COVID-nya keluar. Itu sampai mundur 2 minggu sebelumnya, sesuai periodenya inkubasi COVID. Nah itu yang dilacak untuk di-swab," jelasnya. "Untuk dari yang di-tracing, ada sebagian yang juga positif COVID."

Meski demikian, hasil pemeriksaan WGS kontak erat N masih keluar karena biasanya memerlukan waktu sekitar seminggu. Meski demikian, mereka telah diisolasi sembari menunggu hasil pemeriksaan WGS keluar.

"Hasil WGS belum keluar. Tadi yang positif tinggal diisolasi aja sambil menunggu hasil WGS-nya," katanya.

Lebih lanjut, Dwi menyatakan bahwa pihaknya sampai saat ini belum menemukan indikasi adanya mutasi Varian Omicron melalui transmisi lokal. Kemungkinan, N tertular dari orang yang sempat melakukan perjalanan ke luar negeri.

"Kasus pertama kali Omicron, secara logika kita menduga dibawa oleh orang yang melakukan perjalanan ke luar negeri, yang menularkan ke tuan N ini. Orang yang melakukan perjalanan ke luar negeri WNA atau mungkin WNI, yang baru pulang dari luar negeri," pungkasnya.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait