Formula E Jakarta Digelar di Ancol, Panitia Klaim Keuntungan Bisa Sampai Rp1,48 Triliun
AFP/Patricia De Melo
Nasional

Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) di Ancol, Jakarta Utara dipilih sebagai lokasi pelaksanaan Formula E DKI Jakarta. Panitia mengklaim keuntungan perhelatan bisa sampai GBP78 juta.

WowKeren - Titik terang pelaksanaan Formula E DKI Jakarta semakin terlihat. Formula E sedianya digelar di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) di Ancol, Jakarta Utara.

Meski terus menemui pro dan kontra, Ketua Pelaksana Formula E DKI Jakarta, Ahmad Sahroni, mengungkap bahwa perhelatan turnamen ini membawa banyak keuntungan untuk Ibu Kota. Bahkan nilainya diklaim sampai GBP78 juta atau setara Rp1,48 triliun.

"Semua dampak segala macam, dari areal, tentang impact economy, itu termasuk 78 juta pounds (Poundsterling Inggris / GBP). Semua segitu," jelas Ahmad Sahroni di Ancol, Rabu (22/12).

Selain itu, JIEC yang disiapkan untuk Formula E pun bisa digunakan untuk balapan lain yang tentu saja meningkatkan nilai keuntungan di masa yang akan datang. "Sebelum Formula E jalan, kami adakan balapan lainnya kan bisa," ujar Sahroni.


Sahroni mengungkap target yang cukup ambisius pula untuk perhelatan Formula E, yakni sekitar 40-50 ribu orang menyaksikan langsung. Selain itu, balap mobil listrik tersebut juga akan disiarkan dan ditonton oleh masyarakat dunia.

Sedianya Formula E DKI Jakarta ini akan digelar pada 4 Juni 2022. Pemilihan lokasi di JIEC Ancol pun sudah mempertimbangkan spesifikasinya yang disebut berbeda dari sirkuit di Monas yang sebelumnya telah dipersiapkan.

"Dari segi lokasi cukup memadai karena luas Ancol sekitar 35 hektare," tutur Regulator Ikatan Motor Indonesia (IMI) sekaligus mantan pebalap Indonesia, Ananda Mikola, dalam konferensi pers. "Menghadirkan sirkuit sepanjang 2,4 km, lebar 12 meter, dan bentuk seperti jalan raya, tidak seperti sirkuit permanen."

Lokasi start dan finish akan berada di sekitar lokasi parkir Pantai Karnaval Ancol. Di sirkuit dengan 18 tikungan tersebut, balapan akan digelar dengan rute searah jarum jam serta menghadirkan konsep street race dengan pemandangan Pantai Ancol di sisi utara serta Jakarta International Stadium (JIS) di sisi selatan.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait