Bahasa Inggris Jadi Materi Tambahan Tes SBMPTN, Kemendikbudristek: Kesepakatan Para Rektor PTN
Pixabay.com
Nasional

Jika sebelumnya bahasa Inggris tidak termasuk dalam materi ujian masuk perguruan tinggi jalur SBMPTN, kini ada perubahan dari Kemendikbudristek yang turut memasukkan bahasa asing tersebut ke dalam tes.

WowKeren - Saat ini, Seleksi Nasional Masuk Peguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022 telah dibuka. Seperti yang diketahui, untuk masuk ke PTN, tidak hanya bisa dengan jalur SNMPTN, tetapi juga ada jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi atau SBMPTN.

Mengenai SBMPTN, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) tampaknya menambah satu materi di dalam tes. Adapun materi ujian yang ditambahkan adalah Bahasa Inggris.

Budi Prasetyo selaku Ketua Pelaksana Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Kemendikbudristek menuturkan bahwa tambahan materi ujian dalam SBMPTN itu merupakan kesepakatan para rektor PTN. Penambahan materi ujian ini, nantinya diharapkan dapat membantu pembelajaran mahasiswa di kelas.

"Ada tes Bahasa Inggris karena ini keputusan para rektor sudah menyetujui, dan menganggap perlu Bahasa Inggris ini untuk mendukung pengajaran di PTN," tutur Budi dalam webinar "Sosialisasi SNMPTN, SBMPTN, dan Jalur Masuk Universitas Indonesia (UI) 2022", Kamis (6/1).


Dengan begitu, kata Budi, peserta SBMPTN 2022 akan mengikuti tiga tes dalam satu hari yaitu Tes Potensi Skolastik (TPS), Tes Kemampuan Akademik (TKA), dan Tes Bahasa Inggris. "Jadi di sertifikat adik-adik nanti akan ada hasil tes TKA, TPS, dan terakhir Bahasa Inggris nilainya berapa, yang pasti akan digunakan untuk menghitung nilai akhir dari adik-adik," papar Budi.

Sebagai informasi, kelompok ujian dalam UTBK-SBMPTN 2022 terbagi menjadi tiga kelompok yaitu Sains dan Teknologi (Saintek), Sosial dan Humaniora (Soshum), serta Saintek dan Soshum (Campuran). Sementara untuk lama ujian Kelompok Saintek dan Soshum adalah 195 menit. Sedangkan Kelompok Campuran mendapat alokasi waktu 285 menit.

Adapun jadwal pendaftaran UTBK-SBMPTN 2022 dimulai pada 14 Februari hingga 17 Maret yakni dengan registrasi akun LTMPT. Selanjutnya melakukan pendaftaran UTBK-SBMPTN pada 23 Maret hingga 15 April 2022.

Kemudian pelaksanaan UTBK-SBMPTM gelombang 1 pada 17-23 Mei 2022, gelombang 2 di tanggal 28 Mei-3 Juni 2022. Sementara hasil seleksi jalur SBMPTN akan diumumkan pada 23 Juni 2022. Terakhir, masa unduh sertifikat UTBK berlangsung pada 25 Juni hingga 31 Juli 2022.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru