Jayapura Diterjang Banjir dan Longsor, 7 Orang Dilaporkan Meninggal
Twitter/BNPB_Indonesia
Nasional

Bencana banjir dan longsor yang terjadi di sejumlah distrik di Kota Jayapura, Papua tersebut juga menyebabkan ratusan warga mengungsi. Hingga kini hujan masih mengguyur beberapa kawasan.

WowKeren - Bencana banjir kembali melanda Indonesia, kali ini tepatnya di Jayapura, Papua. Banjir dan tanah longsor yang melanda sejak Kamis (6/1) malam ini belakangan dilaporkan menyebabkan 7 orang meninggal dunia.

Kabar korban jiwa banjir Jayapura ini disampaikan oleh Wakapolresta Jayapura Kota, AKBP Suprapto. Disebutkan yang meninggal dunia mencakup tiga orang di daerah Nirwana, dua orang di daerah Bhayangkara, dan masing-masing satu orang di APO Bengkel serta Klofkam.

"Para korban yang meninggal karena tertimbun longsoran tanah sudah dievakuasi ke beberapa rumah sakit diKota Jayapura," jelas Suprapto, dikutip dari Beritasatu.com, Jumat (7/1). "Termasuk Rumah Sakit Bhayangkara."

Selain itu, bencana tanah longsor yang terjadi juga menyebabkan enam orang terluka dan harus menjalani perawatan medis. Peristiwa ini juga, menurut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Jayapura, menyebabkan 500 orang harus mengungsi ke rumah kerabat terdekat.


Sedangkan Wakil Wali Kota Jayapura, Rustan Saru, menerangkan bahwa bencana banjir menyebabkan sekitar 200 warga di kawasan Pasar Youtefa mengungsi. "Sebagian warga mengungsi di Gereja Maranatha," tutur Rustan, sekaligus menerangkan bahwa banjir juga menerjang Perumnas IV, Perumahan Organda, Kompleks SMAN 4 Entrop, Kompleks CV Thomas, serta Perumahan Grand Abe.

BPBD Kota Jayapura sendiri saat ini masih berusaha mengevakuasi warga yang terjebak banjir dengan menggunakan 3 perahu karet. Sebuah truk serbaguna juga dipakai untuk mengevakuasi warga terdampak longsor.

Dinas Pekerjaan Umum setempat juga mengerahkan alat berat untuk mempercepat penanganan wilayah terdampak tanah longsor. Sementara itu, mengutip keterangan di laman resmi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), kondisi termutakhir menunjukkan masih terjadi hujan ringan di wilayah Kecamatan Abepura, sedangkan banjir berangsur surut meski listrik masih dalam kondisi padam.

Sebagai informasi, banjir dan longsor melanda beberapa distrik atau kecamatan di Kota Jayapura sejak Kamis (6/1) malam. Distrik yang terdampak meliputi Distrik Jayapura Utara, Jayapura Selatan, Abepura, Heram, dan Muara Tami.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait