RW di Krukut Jakbar Terapkan Lockdown Mikro Usai 1 Warga Jadi Suspek Omicron, Begini Situasinya
Nasional
Mutasi Corona Masuk Indonesia

Pihak kelurahan bersama Suku Dinas Kesehatan Jakarta Barat segera melakukan penelusuran kontak erat. Pada 6 Januari 2022, ditemukan 13 warga terindikasi positif COVID-19 berdasarkan hasil tes swab antigen.

WowKeren - Empat RT di RW 002 Kelurahan Krukut, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat menerapkan lockdown mikro usai 36 warganya terkonfirmasi positif COVID-19. Menurut Ilham Nurkarim selaku Lurah Krukut, kasus konfirmasi COVID-19 tersebut berawal dari satu orang warga berinisial R yang baru saja melakukan perjalanan ke luar kota.

Warga yang merupakan seorang wanita berusia 55 tahun tersebut merasakan gejala ketika kembali dari luar kota dan kemudian memeriksakan diri ke RS Taman Sari. Ia kemudian dinyatakan positif COVID-19 dari dua kali tes swab, yakni pada 1 dan 2 Januari 2022.

Pihak rumah sakit lalu mengajukan sampel R ke laboratorium untuk melakukan tes genome sequencing demi mengetahui variannya. "Pada 4 atau 5 Januari, saya mendapat informasi, yang bersangkutan suspect Omicron," ungkap Ilham dilansir Kompas.com, Minggu (9/1).

Setelah itu, pihak kelurahan bersama Suku Dinas Kesehatan Jakarta Barat segera melakukan penelusuran kontak erat. Pada 6 Januari 2022, ditemukan 13 warga terindikasi positif COVID-19 berdasarkan hasil tes swab antigen. Ke-13 warga tersebut lantas dikonfirmasi positif COVID-19 setelah menjalani tes PCR.

"Di luar itu ada warga yang melakukan pemeriksaan sendiri sehingga bersama kasus pertama total ada 36 warga yang terkonfirmasi positif," paparnya.


35 orang warga kemudian diisolasi di RSDC Wisma Atlet. Sedangkan satu orang lainnya diisolasi di RS Tanjung Duren karena kondisinya yang tengah hamil dan memerlukan penanganan khusus.

Puluhan warga yang terkonfirmasi COVID-19 tersebut berasal dari RT 008, 010, 011, dan 014 di RW 002. Banyaknya jumlah warga yang terpapar COVID-19 membuat pihak kelurahan menerapkan lockdown mikro atau pembatasan mobilitas warga di keempat RT tersebut.

"Lockdown kami terapkan sejak Kamis (6/1), berlaku selama 14 hari dan kami evaluasi per minggu," jelasnya.

Warga dari luar dilarang memasuki wilayah empat RT tersebut. Warga empat RT tersebut juga harus menunjukkan hasil negatif tes swab jika hendak keluar dari lingkungannya.

Melansir CNN Indonesia, aktivitas masyarakat di RW 002 Krukut masih berjalan normal meski lockdown mikro telah diterapkan. Masyarakat tampak bekerumun di beberapa titik, salah satunya di pasar yang berada di tengah lokasi lockdown mikro.

Sejumlah spanduk yang berisi ancaman sanksi bagi warga yang melanggar aturan lockdown mikro tampak terpasang di beberapa tempat. Namun masih ada warha yang keluar masuk wilayah zona merah tersebut tanpa melalui pemeriksaan.

(wk/Bert)


You can share this post!

Related Posts