Donasi Dilaporkan ke Kemensos, Marissya Icha Beber Cara Kerja Yayasan Untuk Gala
WowKeren/Fernando
Selebriti

Permasalahan donasi untuk Gala yang dilaporkan ke Kemensos telah dinyatakan selesai. Sehubungan dengan itu, Marissya Icha menjelaskan cara kerja yayasan yang dikelola.

WowKeren - Setelah menyelesaikan persoalan terkait donasi untuk putra Vanessa Angel, Marissya Icha memberikan penjelasan tentang yayasan untuk Gala. Seperti diketahui, Marissya dilaporkan kepada Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos) lantaran membuka penggalangan dana tanpa izin.

"Yayasan itu sudah dilegalitaskan, namanya Yayasan Bisa Bersama Gala," ungkap Ahmad Ramzy selaku pengacara Marissya Icha dalam jumpa pers yang dihadiri WowKeren di kawasan Cipete pada Selasa (11/1).

Yayasan Bisa Bersama Gala bukanlah sekadar nama, Marissya Icha menyebutkan bahwa badan tersebut sudah terdaftar secara hukum. Bahkan yayasan tersebut sudah dinotariskan.

"Itu tidak hanya nama ya, sudah jelas ada orangnya di dalam dan sudah dinotariskan," tambah Marissya Icha.

Selanjutnya Ahmad Ramzy menjelaskan tentang kekuatan hukum Yayasan Bisa Bersama Gala. Meski awalnya donasi untuk rumah Gala dibuka menggunakan rekening Marissya dan Dewi Zuhriani, ibunda Bibi Andriansyah, namun pada akhirnya memakai milik yayasan.

"Legal standingnya sudah. Legal standingnya berbentuk yayasan, awalnya ini kan, rekening ini dinamakan atas nama Marissya dan Bu Dewi, setelah 6 hari kita ganti rekening yayasan. Rekening yayasan itu sudah didaftarkan di Kementerian Hukum dan HAM ada aktanya, sehingga timbul rekening yang baru," kata Ahmad Ramzy.

"Semua sudah kita jelaskan di Kementerian Sosial, dari tahapan awal dikumpulkan sampai akhir pengumpulan dana tersebut. Ketika awalnya tanggal 28 November, hanya berlangsung 3 minggu, itu semua kita jelaskan di Kementerian Sosial," imbuhnya.


Selanjutnya, terkait donasi untuk Gala sudah tidak ada lagi masalah. Karena tidak ada unsur pidana maka permasalahan itu sudah ditutup.

"Tidak ada masalah, jadi ketika Kemensos menanyakan kepada Icha, Icha menyampaikan ini semua sudah ditutup. Sudah ditutup mengenai pengumpulan dana tersebut. Tadi diedukasi seharusnya yang baik adalah didaftarkan terlebih dahulu melalui PUB (Pengumpulan Uang Barang) tahun 2021 ini," jelas Ahmad Ramzi.

Dalam pertemuan dengan Kemensos, Marissya Icha diberikan edukasi dan sosialisasi tentang perizinan dalam rangka menggalang dana. Untuk ke depannya, diharapkan agar semua orang mengetahui jika izin mengumpulkan uang atau donasi bisa didaftarkan lewat formulir dari Kemensos.

"Kita tadi diberikan edukasi untuk ke depannya sosialisasi terhadap ini, kalau pengumpulan uang dan barang harus seizin Kementerian Sosial," ujar Marissya Icha.

Oleh karena itu, Marissya Icha berharap agar tidak ada lagi pihak-pihak yang membuat suasana menjadi gaduh. "Mudah-mudahan tidak ada pihak-pihak lain lagi yang membuat keadaannya menjadi gaduh atau berlarut," sambungnya.

Berikutnya, Marissya Icha menjelaskan cara kerja Yayasan Bisa Bersama Gala di mana khusus untuk kepentingan anak semata wayang Vanessa dan Bibi. Sedangkan untuk kepentingan donasi lain, Marissya sudah punya wadah sendiri.

"Yayasan Bisa Bersama Gala tentunya hanya untuk Gala. Mungkin nantinya kalo saya membuat yang lain yang di mana dari tahun 2016 saya sudah buatkan untuk bantuan dan untuk masjid itu mungkin nantinya saya akan buat yayasan buat bantu yang lain, yayasan bisa bersama Gala ya itu insyaallah itu untuk Gala sampe Gala dewasa," beber Marissya Icha.

(wk/inta)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait