Jokowi Hingga Menhub Tinjau Bandara Lombok Jelang Pelaksanaan MotoGP Mandalika 2022
Twitter/jokowi
Nasional

Sebagai informasi, Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid di Lombok nantinya akan digunakan para penonton dan peserta MotoGP Mandalika sebagai akses masuk ke NTB.

WowKeren - Ajang MotoGP Mandalika yang akan digelar pada Maret 2022 mendatang sudah di depan mata. Presiden Joko Widodo bersama sejumlah menterinya lantas meninjau Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid di Lombok, NTB, untuk memastikan kesiapannya jelang MotoGP Mandalika.

Sebagai informasi, bandara tersebut nantinya akan digunakan para penonton dan peserta MotoGP Mandalika sebagai akses masuk ke NTB. Jokowi lantas meninjau sejumlah fasilitas di bandara tersebut, di antaranya adalah pos pemeriksaan suhu dan e-HAC, pos pemeriksaan dokumen imigrasi, pengambilan bagasi, serta pos pemeriksaan bea cukai. Jokowi menyebut fasilitas di bandara tersebut sudah bagus.

"Tadi saya cek langsung kedatangan di bandara, kemudian proses yang ada di dalam bandara. Saya lihat semuanya yang berkaitan dengan protokol kesehatan, yang terkait dengan cek untuk PCR, cek bahwa sudah vaksin dua kali, semuanya urut-urutannya sudah bagus," ungkap Jokowi pada Kamis (13/1).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang turut mendampingi Jokowi lantas mengatakan bahwa peninjauan tersebut merupakan langkah antisipasi untuk menghadapi adanya potensi lonjakan penumpang pada saat MotoGP Mandalika digelar. "Untuk jumlah penonton MotoGP diperkirakan akan lebih banyak daripada penyelenggaraan Superbike, yang mencapai hingga 60 ribu orang lebih," jelas Budi.


Menurut Budi, ada dua langkah antisipasi yang akan dilakukan terkait hal ini. Yang pertama adalah mengantisipasi kedatangan para peserta dan tim official dari luar negeri. Sedangkan yang kedua adalah mengantisipasi penonton yang datang baik dari luar negeri maupun dalam negeri.

"Penerapan prokes ketat jangan diabaikan sekalipun kepada para pembalap. Kalau ditemukan positif COVID-19, kita harus tegas untuk menyatakan mereka tidak bisa ikut serta," tegas Budi.

Lebih lanjut, Budi memastikan bahwa proses kedatangan para peserta dan tim official dari luar negeri akan dilakukan dengan protokol kesehatan ketat dan mekanisme travel bubble. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi risiko penularan COVID-19.

Di sisi lain, Hadi Tjahjanto selaku Komandan Lapangan MotoGP Mandalika menyatakan bahwa frekuensi penerbangan dari sejumlah kota menuju Lombok akan ditambah untuk mendukung masuknya penonton MotoGP. "Untuk masuk sendiri dari luar akan ditambah frekuensi penerbangan, baik dari Jakarta, Surabaya, Bali, maupun Makassar. Jadi mudah-mudahan penonton nanti diberikan kemudahan menuju ke Sirkuit Mandalika untuk bisa menonton MotoGP 2022," ujar Hadi.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait