Ternyata Cuma 4 Idol Ini yang Sudah Rilis Full Album Solo Sepanjang Sejarah SM Entertainment
Musik

Banyak penggemar dan netizen mungkin berpikir bahwa banyak artis SM telah merilis banyak full album studio solo. Namun, hanya ada empat artis yang sukses merilis full album solo.

WowKeren - Baru-baru ini terungkap bahwa hanya empat idol yang merilis full album studio solo di SM Entertainment dalam sejarah agensi tersebut. Rupanya di antara sekian banyak idol SM yang debut solo, tak banyak yang sudah merilis full album.

SM Entertainment dianggap oleh banyak orang sebagai salah satu kekuatan K-pop terbesar di industri ini. Selain itu, ini adalah salah satu agensi hiburan paling awal yang mulai meluncurkan grup idol legendaris mulai dari generasi pertama idol.

Oleh karena itu, banyak penggemar dan netizen mungkin berpikir bahwa banyak artis SM telah merilis banyak full album studio solo. Namun, yang mengejutkan banyak orang, hanya ada empat artis yang sukses merilis full album studio solo bersama SM Entertainment. Seorang netizen mendaftarkan artis-artis ini dan membagikan daftar tersebut di komunitas online populer.

Taemin SHINee menjadi yang pertama yang mengisi daftar dengan full album pertama "Press It" (2016.02.23) dengan title track "Press Your Number", full album keduua "MOVE" (2017.10.16) dengan title track "MOVE", full album ketiga "Never Gonna Dance Again: Act 1" (2020.09.07) dengan title track "Criminal" serta "Never Gonna Dance Again: Act 2" (2020.11.09) dengan title track "IDEA:理想"

Ternyata Cuma 4 Artis Ini yang Sudah Rilis Full Album Solo Sepanjang Sejarah SM

Source: Allkpop


Selanjutnya, mendiang Jonghyun SHINee juga merilis dua full album semasa hidupnya. Dua album tersebut adalah full album pertama "She Is" (2016.05.24) dengan title track "She is" dan full album kedua "Poet|Artist" (2018.01.23) dengan title track "Shinin'".

Tae Yeon Girls' Generation juga menjadi satu dari empat solois yang disebutkan. Ia merilis full album pertama "My Voice" (2017.02.28) dengan title track "Fine", full album kedua "Purpose" (28/10/2019) dengan title track "Spark".

Terakhir, [c=Key SHINee melengkapi daftar dengan full album pertama "FACE" (26-11-2018) dengan title track "One of That Nights (Feat. Crush)". Menanggapi ini, sebagian netizen kaget karena tak ada satu pun member EXO.

"Oh wow, jadi selama ini Baekhyun hanya merilis mini album?" komentar netizen. "Ini cukup gila, aku pikir lebih banyak dari mereka yang akan merilis album studio," kata netizen lainnya. "Sangat menarik bahwa Baekyun dan Kyuhyun sama-sama tidak memiliki album studio," ujar yang lain.

"Member EXO mungkin akan segera merilis album studio solo mereka sendiri," kata netizen. "Aku pikir Baekhyun sudah merilis album studio sekarang, tapi aku rasa dia hanya merilis mini-album," imbuh netizen lainnya.

(wk/dewi)

You can share this post!

Related Posts