5 Wilayah di DKI Jakarta Masuk Zona Merah Omicron, Wagub Sebut Akan Di-Micro Lockdown
AFP
Nasional
Mutasi Corona Masuk Indonesia

Adapun wilayah di Jakarta yang mencatat lebih dari delapan kasus Omicron dikategorikan sebagai zona merah. Lima daerah tersebut antara lain Kecamatan Kalideres, Kebon Jeruk, Kebayoran Baru, Cilandak, dan Senen.

WowKeren - Setidaknya ada lima wilayah di Jakarta yang menjadi zona merah penyebaran COVID-19 Varian Omicron. Hal ini terungkap dalam laporan terbaru Kementerian Kesehatan.

Kelima wilayah zona merah Omicron tersebut dikategorikan berdasarkan data per Minggu (15/1). Merujuk pada data tersebut, Kemenkes mencatat sudah ada 174 kasus transmisi lokal Omicron dengan 152 kasus di antaranya berada di Jakarta.

Adapun wilayah di Jakarta yang mencatat lebih dari delapan kasus Omicron dikategorikan sebagai zona merah. Lima daerah tersebut antara lain Kecamatan Kalideres, Kebon Jeruk, Kebayoran Baru, Cilandak, dan Senen.

Kekinian, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebut bahwa wilayah-wilayah itu akan menerapkan micro lockdown. "Ya salah satu penangananya kan di-micro-lockdown salah satunya. Selain di situ ditingkatkan active case finding, 3T-nya semua lah teman-teman sudah hafal, sudah tahu apa tahapan-tahapannya," papar Riza di Balai Kota Jakarta pada Kamis (20/1).


Menurut Riza, pemerintah pusat dan daerah telah mengeluarkan instruksi terkait penerapan PPKM. Riza mengungkapkan bahwa langkah selanjutnya adalah memastikan agar instruksi tersebut dipatuhi.

"Sudah jelas instruksi Mendagri, sudah jelas dari pemerintah pusat, semua, aturan sudah dilakukan. Sekarang tinggal kita pastikan patuhi taat pada aturan ketentuan perintah yang sudah disampaikan," jelasnya.

Adapun total jumlah kasus Omicron di Jakarta hingga Rabu (19/1) telah mencapai 998 kasus. 663 kasus di antaranya berasal dari pelaku perjalanan luar negeri (PPLN). Riza lantas meminta masyarakat untuk tak menganggap enteng penyebaran Omicron.

"Tentu ini jadi perhatian kita bersama, tidak bermaksud menganggap enteng, apalagi membiarkannya," paparnya. "Tentu kami bersama pemerintah pusat, Satgas, bersama semua jajaran dengan masyarakat bersatu terus berjuang menghadapi pandemi COVID khusus varian omicron yang semakin meningkat."

Masyarakat dimintanya untuk tidak bepergian apabila tak memiliki kepentingan mendesak. Riza juga meminta masyarakat untuk terus disiplin menjalankan protokol kesehatan demi mencegah penularan COVID-19.

(wk/Bert)

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait