Varian Omicron Terdeteksi Sudah Mulai Tersebar Merata Hampir di Seluruh Pulau Jawa
Nasional
Mutasi Corona Masuk Indonesia

COVID-19 varian Omicron mulai menjadi ancaman baru bagi Indonesia di masa pandemi. Bahkan kini muncul sejumlah kasus varian Omicron di berbagai wilayah di pulau Jawa.

WowKeren - Kasus COVID-19 varian Omicron kini telah menyebar luas ke sejumlah di pulau Jawa. Di mulai dari Jakarta yang 5 wilayahnya telah masuk zona merah Omicron hingga kini telah meluas ke Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Dengan begitu, kasus COVID-19 varian Omicron sudah terdeteksi hampir di seluruh Pulau Jawa. Teranyar, kasus Omicron ditemukan di Jawa Tengah dengan sembilan orang yang terkonfirmasi positif varian tersebut.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Jawa Tengah, Iqbal Alqudusy mengatakan, sembilan pasien Omicron tersebut tersebar di empat daerah. "Kota Semarang, Cilacap, Pekalongan, dan Sukoharjo," ungkapnya.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, per Jumat 21 Januari 2022, total kasus Omicron di Indonesia mencapai 1.078 kasus. Dari jumlah itu, sebanyak 756 kasus berasal dari Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN), transmisi lokal 257 orang, dan 65 kasus masih dalam penyelidikan epidemiologi.


Sebaran daerah kasus transmisi lokal itu ditemukan di sejumlah provinsi di Pulau Jawa, mayoritas di DKI Jakarta. Berdasarkan data Dinas Kesehatan DKI Jakarta per 19 Januari, jumlah kasus Omicron mencapai 998 kasus.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 663 di antaranya merupakan pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) dan 325 lainnya transmisi lokal. Sebaran kasus Omicron di DKI Jakarta didominasi oleh warga Kecamatan Cilandak, Kalideres, Kebon Jeruk, Kebayoran Baru, Senen yang kini masuk zona merah dan akan menjalankan micro-lockdown.

Di Jawa Barat, kasus Omicron ditemukan di Kabupaten Bandung, Kabupaten Bogor, dan Kota Depok. Sementara di Jawa Timur, sudah ditemukan di Kota Surabaya, Malang, dan Madiun. Di Provinsi Banten, kasus Omicron juga ditemukan di Kota Tangerang Selatan.

Sejauh ini, di Pulau Jawa, hanya Daerah Istimewa Yogyakarta yang belum melaporkan kasus konfirmasi positif Omicron. Tapi ada sampel indikasi Omicron yang berasal dari klaster keluarga Kabupaten Gunungkidul. Sebanyak empat sampel baru tersebut masih diteliti dengan alat whole genome sequencing (WGS) untuk memastikan apakah pasien tersebut terpapar Covid-19 varian Omicron atau tidak.

(wk/amel)


You can share this post!


Related Posts