Seorang Kakek Hilang Saat Seberangi Samudera Atlantik Sendirian, Perahunya Ditemukan Terbalik
AFP/Philippe Lopez
Dunia

Savin sempat merayakan ulang tahunnya yang ke-75 di laut. Lalu lima hari setelahnya, dia memposting tentang masalah dengan pengisi daya surya dari desalinator airnya.

WowKeren - Seorang kakek petualang dilaporkan menghilang ketika berusaha menyeberangi Samudera Atlantik sendirian. Jean-Jacques Savin, pria berusia 75 tahun, berangkat menyeberangi samudera dari Portugal pada 1 Januari dengan menggunakan perahu dayung.

Angkatan laut Portugal mengatakan bahwa ia telah menghilang di laut dengan perahunya ditemukan terbalik dan kosong di dekat kepulauan Azores. Sebelumnya, dalam sebuah postingan Facebook pada Sabtu (22/1), tim pendukung Savin mengatakan bahwa tubuhnya telah ditemukan di dalam kabin kapalnya yang ramping dan dibuat khusus, Audacious.

Namun pada Minggu (23/1), dalam pernyataan lain yang ditandatangani oleh putrinya Manon, dikatakan bahwa jenazahnya belum ditemukan. "Sampai saat ini kami tidak memiliki konfirmasi resmi dari otoritas maritim Portugis," tulisnya.

Dalam sebuah pernyataan di hari yang sama, Angkatan Laut Portugis mengatakan bahwa pencarian kapal Savin dimulai setelah sinyal marabahaya dikirim tepat sebelum tengah malam pada hari Kamis. Pencarian pun segera dilakukan dengan mengerahkan korvet angkatan laut, tiga pesawat, dan sejumlah kapal dagang.



Dari pencarian itu, ditemukan tas tahan air dengan dokumen Savin di dalamnya. Pada Sabtu, tim pencari menemukan kapal terbalik di laut yang bergejolak dan berhasil mengangkatnya ke kapal angkatan laut.

Namun sayangnya, pencarian segera dihentikan setelah itu. Peringatan telah dikeluarkan untuk kapal-kapal di daerah tersebut yang memberitahu mereka tentang kemungkinan menemukan petualang yang terdampar. "Tidak ada penampakan atau informasi lebih lanjut sejak itu," kata seorang juru bicara angkatan laut, Senin (24/1).

Pada 14 Januari lalu, Savin sempat merayakan ulang tahunnya yang ke-75 di laut. Lalu lima hari setelahnya, dia memposting tentang masalah dengan pengisi daya surya dari desalinator airnya. Namun, ia mengatakan tidak dalam keadaan bahaya ketika menuju pelabuhan tengah Atlantik Ponta Delgada di Azores dengan angin yang sejuk.

"Ada marina yang indah dengan bandara di sebelahnya. Jika saya ingin memperbaikinya (pengisi daya) saya akan memiliki semua yang saya butuhkan," tulisnya. "Tujuan saya adalah pergi sejauh yang saya bisa setiap hari selama angin bersama saya!"

(wk/zodi)


You can share this post!


Related Posts