Upacara Pembukaan Olimpiade Beijing 2022 Resmi Digelar, Dibayangi Lockdown COVID-19 Hingga Boikot
/Wei Xiaohao
Dunia

Sebelumnya, Olimpiade Beijing 2022 yang digelar pada 4-20 Februari itu memang menuai banyak pro kontra, mulai dari protes lantaran digelar di tengah pandemi COVID-19, hingga boikot diplomatik atas isu HAM.

WowKeren - Pada Jumat (4/2), Upacara Pembukaan Olimpiade Beijing 2022 telah resmi digelar. Pada perhelatan ini, Beijing bahkan disebut mencetak sejarah sebagai kota pertama yang menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Panas dan Musim Dingin.

Upcara Pembukaan Olimpiade Beijing 2022 itu pun disebut menjanjikan keajaiban teknis, meski digelar di bawah aturan ketat dan penguncian atau lockdown COVID-19 hingga boikot diplomatik. Adapun upacara ini digelar di Stadion Nasional Beijing Sarang Burung yang diperkenalkan kepada dunia pada Olimpiade Musim Panas 2008 silam.

Pada acara tersebut, tontonan pembukaan berlangsung selama empat jam yang menakjubkan dan berfungsi untuk mengumumkan kemunculan Tiongkok sebagai negara adidaya global.

Meski beberapa negara dan pemerintah Barat melakukan boikot diplomatik atas Tiongkok, namun negara tersebut memperlakukan jutaan orang dari rakyatnya sendiri dengan suguhan luar biasa dari Upacara Pembukaan Olimpiade Beijing 2022 itu.


Tak hanya itu, upacara tersebut juga tampak dihadiri oleh tokoh-tokoh dunia lainnya seperti Presiden Rusia Vladimir Putin, yang juga bertemu secara pribadi dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping.

Adapun Upacara Pembukaan Olimpiade Beijing 2022 itu dimulai tepat setelah kedatangan Xi Jinping dan Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach di Stadion Nasional. Acara dimulai dengan meredupkan lampu dan hitung mundur kembang api, sehingga menjadikan Beijing sebagai tuan rumah olimpiade tampak indah nan gemerlap.

Kemudian Upacara Pembukaan Olimpiade Beijing 2022 itu juga diwarnai dengan kehadiran para kontingen negara yang mengikuti ajang olahraga tersebut. Seperti upacara pembukaan Olimpiade pada umumnya, para atlet dari sejumlah negara memasuki area panggung dengan membawa bendera negara masing-masing.

Dalam acara Upacara Pembukaan suatu Olimpiade, seperti Olimpiade Beijing 2022, tentu saja hal ini merupakan bentuk kinerja bagi negara yang menjadi tuan rumah, dengan kesempatan untuk memperkenalkan budayanya di hadapan dunia dengan memamerkan sisi terbaiknya. Hal ini yang dilakukan Beijing selama ini.

Namun pada gelaran Olimpiade Beijing kali ini, ada yang berbeda. Mengingat gelaran berlangsung di tengah pandemi COVID-19, maka Beijing melaksanakan Upacara Pembukaan dengan sederhana. Meski begitu, acaranya tetap khidmat dan meriah.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru