Birthday Spotlight: Happy Sooyoung Day
Saram Entertainment
Selebriti

Sooyoung merayakan ulang tahunnya yang ke-32 (33 tahun menurut perhitungan Korea) pada 10 Februari lalu. Ini menjadi tahun kedua pemilik nama lengkap Choi Sooyoung tersebut memasuki usia 30-an.

WowKeren - Seperti pekan-pekan sebelumnya, tim redaksi WowKeren kembali mengulas perjalanan karir bintang Korea Selatan melalui rubrik mingguan Birthday Spotlight. Kali ini, penyanyi sekaligus aktris populer yang menghiasi rubrik Birthday Spotlight adalah Sooyoung Girls' Generation.

Sooyoung adalah penyanyi, aktris, dan penulis lagu. Dia adalah member dari duo penyanyi Korea-Jepang yang berumur pendek, Route 0 selama tahun 2002 di Jepang. Setelah kembali ke Korea Selatan pada tahun 2004, Sooyoung akhirnya menjadi member girl grup Girls' Generation pada tahun 2007.

Sooyoung merayakan ulang tahunnya yang ke-32 (33 tahun menurut perhitungan Korea) pada 10 Februari lalu. Ini menjadi tahun kedua pemilik nama lengkap Choi Sooyoung tersebut memasuki usia 30-an. Simak perjalanan karir Sooyoung mulai debut hingga kini!

(wk/dewi)

1. Pra-Debut


Pra-Debut

Sooyoung lahir di Gwangju, Gyeonggi, Korea Selatan, pada 10 Februari 1990. Dia adalah adik perempuan Choi Soo Jin, yang merupakan aktris teater musikal. Sooyoung awalnya ditemukan melalui SM Entertainment Open Audition ketika dia masih di kelas 5 SD. Dia kemudian memenangkan tempat pertama di Audisi Duo Ultra Idol Korea-Jepang 2002 dan memulai debutnya di Jepang sebagai anggota Route 0. Duo ini merilis tiga single sebelum bubar pada tahun 2003.

Sooyoung kembali ke SM Entertainment dan akhirnya memulai debutnya di Korea Selatan sebagai anggota dari girl grup Girls' Generation pada Agustus 2007. Grup ini memperoleh popularitas yang signifikan dengan merilis single hit mereka "Gee" pada tahun 2009. Sooyoung mengatakan dalam sebuah wawancara bahwa dia juga tertarik pada akting sebelum memulai debutnya sebagai penyanyi dan telah gagal lebih dari 70 audisi selama hari-hari pra-debutnya.

2. Debut


Debut
SM Entertainment, Newsen

Bersama member Girls' Generation lainnya, Sooyoung resmi debut dengan tampil di program musik "Inkigayo" pada 5 Agustus 2007 membawakan lagu debut "Into the New World". Lagu tersebut mendapat sambutan cukup hangat dari publik.

Pada November 2007, Girls' Generation melanjutkan kesuksesan mereka dengan merilis full album pertama bertajuk "Girls' Generation" dengan lagu utama berjudul sama yang merupakan remake dari lagu milik Lee Seung Cheol. Pada Maret 2008, album tersebut dirilis ulang dengan judul "Baby Baby".

3. Puncak Karir


Puncak Karir
SM Entertainment

Nama Girls' Generation langsung dikenal luas di kalangan publik usai mereka merilis mini album "Gee" pada 7 Januari 2009. Lagu utamanya yang juga berjudul "Gee" berhasil memuncaki chart musik tahunan serta mengantarkan mereka meraih 9 piala "Music Bank".

Girls' Generation merilis mini album kedua mereka yang bertajuk "Genie" pada Juni 2009 dengan lagu utama berjudul sama. Kesuksesan ini terus berlanjut dengan dirilisnya full album kedua bertajuk "Oh!" yang menelurkan lagu hits "Oh!". Di tahun yang sama, Girls' Generation bergabung dengan Nayutawave Records yang menandai dimulainya aktivitas mereka di Jepang.

Pada Oktober 2011, Girls' Generation merilis full album ketiga berjudul "The Boys". Karir mereka di Jepang juga tak kalah gemilang di mana Girls' Generation meraih penghargaan Album of the Year di ajang MTV Video Music Awards Japan 2012 serta mendapat sertifikasi dari RIAJ usai album Jepang "Girls' Generation" terjual 1 juta copy.

4. Aktivitas Solo


Aktivitas Solo
Instagram/sooyoungchoi

Pada awal Agustus 2017, Sooyoung menjadi produser televisi di web drama JTBC "Someone You Might Know". Kemudian pada bulan Agustus, ia memainkan peran utama wanita dalam serial drama MBC "Man in the Kitchen".

Pada November 2017, Sooyoung bergabung dengan Echo Global Group setelah kontraknya dengan SM Entertainment berakhir. Dengan perubahan label, kegiatan masa depannya dengan Girls' Generation tetap dalam diskusi.

Pada tahun 2018, Sooyoung berperan dalam film Korea-Jepang "Memories of a Dead End", film komedi aksi "Girl Cops", dan serial televisi komedi romantis "So I Married the Anti-fan" yang berdasarkan manhwa dengan judul yang sama, bersama Choi Tae Joon.

Pada Desember 2018, Sooyoung merilis single solonya, "Winter Breath," yang merupakan lagu pertamanya yang dirilis sejak kepergiannya dari SM Entertainment, dengan video musik lagu tersebut tersedia secara online pada hari yang sama. Sooyoung meluncurkan akun Twitter dan YouTube resminya untuk memperingati perilisan single tersebut.

Pada Mei 2019, Sooyoung menandatangani kontrak dengan agensi baru, Saram Entertainment. Pada Februari 2020, Sooyoung membintangi drama OCN "Tell Me What You Saw". Pada 2020–2021, Sooyoung membintangi drama romantis JTBC "Run On". Pada tanggal 30 April 2021, media Korea melaporkan bahwa Sooyoung akan muncul di serial Netflix original "Move to Heaven: I am a relic organizer".

5. Kontroversi


Kontroversi
Instagram/sooyoungchoi

Selama belasan tahun karirnya di industri hiburan, Sooyoung belum pernah ditimpa kontroversi serius yang mengancam karirnya. Hal ini meunjukkan betapa penyanyi tersebut sangat menjaga reputasinya serta menjaga dirinya sendiri agar tak sampai melakukan sesuatu yang ilegal yang akan merusak imejnya.

Sooyoung sempat menjadi perhatian publik usai hubungan asmaranya dengan aktor Jung Kyung Ho terungkap. Hingga kini, pasangan tersebut telah menjalin hubungan selama bertahun-tahun dan banyak orang menantikan berita bahagia bahwa sejoli tersebut akan melanjutkan hubungan ke jenjang pernikahan.

6. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan
Instagram/sooyoungchoi

Kabar terbaru menyebutkan bahwa Sooyoung menjadi cameo di drama produksi TV Chosun yang berjudul "Uncle". Penampilan Sooyoung dalam drama ini merupakan bentuk dukungannya untuk penulis naskah Park Jisook, yang pernah bekerja dengannya dalam drama "My Blooming Life" yang tayang pada tahun 2014.

Ke depannya, Sooyoung dipastikan akan terus aktif di bidang akting dengan membintangi drama dan film. Meski begitu, tak menutup kemungkinan ia juga akan berpartisipasi jika Girls' Generation kembali beraktivitas, seperti yang sebelumnya ia dan para member lain janjikan.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait