Dijemput di Rumah Sakit, Guru Spiritual Tragedi Ritual Maut di Pantai Payangan Jalani Pemeriksaan
Nasional

Nur Hasan dijemput pihak Polres Jember di Rumah Sakit Daerah dr Soebandi setelah dokter menyatakan kondisinya membaik dan diizinkan pulang. Mereka tiba di Polres Jember pada Selasa (15/2) pukul 13.31 WIB.

WowKeren - Pimpinan Padepokan Tunggal Jati Nusantara yang bernama Nur Hasan mulai diperiksa polisi terkait kasus ritual maut di Pantai Payangan Jember yang menewaskan 11 orang. Nur Hasan dijemput pihak Polres Jember di Rumah Sakit Daerah dr Soebandi setelah dokter menyatakan kondisinya membaik dan diizinkan pulang. Mereka tiba di Polres Jember pada Selasa (15/2) pukul 13.31 WIB.

"Setelah berkoordinasi dengan pihak RSD dr. Soebandi dan NH diperbolehkan rawat jalan maka kami bawa ke Mapolres Jember untuk dilakukan pemeriksaan terkait pendalaman kasus ritual itu," papar Kasat Reskrim Polres Jember, AKP Komang Yogi Arya Wiguna.

Komang menjelaskan bahwa penyidik melakukan memeriksa Nur Hasan untuk melengkapi informasi dari belasan saksi yang telah diperiksa sebelumnya. "Fokus pendalaman dalam pemeriksaan itu tentang siapa yang menginisiasi melakukan kegiatan ritual di Pantai Payangan dan tujuannya apa, serta mengetahui bagaimana mereka melakukan ritual," jelasnya.

Selain Nur Hasan, pihak kepolisian juga memeriksa korban selamat bernama Feri Luhur. Feri juga sempat dirawat di RSD dr Soebandi.


"Ada lagi satu korban selamat yang kami mintai keterangan," terang Komang.

Sejauh ini, sudah ada 18 orang saksi yang dimintai keterangan di Mapolres Jember. Mereka terdiri dari korban selamat hingga warga yang ada di lokasi kejadian pada saat tragedi terjadi.

"Sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) pemeriksaan, kami memaksimalkan pemeriksaan 1X24 jam dan kemudian dilakukan gelar perkara untuk menentukan siapa yang bertanggung jawab dalam perkara 11 orang meninggal dunia di Pantai Payangan," ujarnya.

Sebelumnya, Nur Hasan dilaporkan sempat mengalami sesak napas hingga harus dilarikan ke rumah sakit. Ia pun dibawa ke RSD dr Soebandi untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Namun ia telah diperkenankan pulang dari rumah sakit pada Selasa kemarin.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait