Luhut Ungkap Sejumlah Wilayah Naik ke PPKM Level 4, Jabodetabek Tetap Level 3
Instagram/luhut.pandjaitan
Nasional

Di sisi lain, Luhut juga menyatakan bahwa tidak ada yang perlu dikhawatirkan terkait kasus COVID-19 di Tanah Air. Menurutnya, perkembangan Varian Omicron di Indonesia masih terkendali.

WowKeren - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marives) Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan bahwa kini sudah ada beberapa kabupaten/kota di Jawa-Bali yang berstatus PPKM Level 4. Padahal, pemerintah telah mengikuti level asesmen PPKM yang disesuaikan.

"Meski telah mengikuti level asesmen PPKM yang telah kami sesuaikan dengan memberikan bobot lebih besar pada rawat inap rumah sakit, saat ini mulai terdapat beberapa kabupaten/kota yang mulai masuk ke Level 4," tutur Luhut dalam konferensi pers virtual pada Senin (21/2). "Selain itu juga mulai banyak kabupaten/kota yang masuk ke asesmen Level 3."

Luhut tidak mengungkapkan wilayah mana saja yang kini berstatus PPKM Level 4. Namun ia mengatakan bahwa wilayah Jabodetabek hingga Bali kini masih berada di Level 3.

"Selain itu juga mulai banyak Kabupaten Kota yang masuk kedalam asesmen Level 3, di antaranya Solo Raya dan Semarang Raya," katanya. "Untuk wilayah aglomerasi Jabodetabek, Bali, DIY, Bandung Raya, Surabaya Raya, Malang Raya saat ini masih berada pada Level 3."


Menurut Luhut, kenaikan level asesmen di masing-masing daerah disebabkan oleh meningkatnya tingak rawat inap. Nantinya, detail aturan PPKM akan dicantumkan dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri).

"Kenaikan level asesmen ini di masing-masing daerah disebabkan tingkat rawat inap yang meningkat," katanya. "Mengenai detail aturan (PPKM) akan dituangkan ke dalam Instruksi Mendagri yang akan terbit sore ini."

Di sisi lain, Luhut juga menyatakan bahwa tidak ada yang perlu dikhawatirkan terkait kasus COVID-19 di Tanah Air. Menurutnya, perkembangan Varian Omicron di Indonesia masih terkendali.

"Saya ingin menyampaikan bahwa perkembangan kasus Omicron di Indonesia masih terkendali," jelasnya. "Meskipun penambahan kasus sudah melebihi tren Delta. Namun, kondisi rawat inap dan kematian jauh lebih rendah dibandingkan varian Delta beberapa waktu lalu."

Menurut Luhut, wilayah DKI Jakarta, Banten, dan Bali kini sudah mencatatkan tren penurunan kasus COVID-19 harian. "Tren angka hospitalisasi juga terlihat menurun di DKI Jakarta dan Bali," ungkapnya.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait