Roy Suryo Bakal Polisikan Menag Yaqut Hari Ini, Sudah Siapkan Sederet Bukti
Nasional

Roy Suryo merespons keras pernyataan Menag Yaqut yang membandingkan suara azan lewat toa masjid dengan gonggongan anjing. Roy cs pun berencana melaporkan Menag Yaqut.

WowKeren - Pernyataan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas yang membandingkan suara toa masjid dengan gonggongan anjing terus menuai kritik. Bahkan, Roy Suryo bersama sejumlah pihak bakal melaporkan Menag Yaqut ke pihak berwajib hari ini, Kamis (24/2). c

"Hari ini KRMT Roy Suryo bersama Kongres Pemuda Indonesia akan membuat Laporan Polisi terhadap YCQ yang diduga membandingkan suara Adzan dengan Gonggongan Anjing," ungkap Roy dalam keterangan resmi yang beredar.

Roy mengatakan ucapan Yaqut itu diduga melanggar Pasal 28 Ayat (2) Jo Pasal 45 ayat 2 UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Atau bisa dijerat dengan Pasal 156a KUHP Tentang Penistaan Agama. Lewat salah satu cuitannya, Roy Suryo juga mengkonfirmasi kabar tersebut.


"Saya dikonfirmasi banyak pihak, Apakah benar Press Release dari KPI / Kongres Pemuda Indonesia ini. Jawabannya YA, InsyaaAllah siang nanti Jam 15.00 WIB Kami akan Membuat LP di Polda Metrojaya thdp Sdr YCQ dgn Bukti2 Rekaman Audio-Visual Statemennya & Pemberitaan Media2," tulis Roy.

Roy mengatakan pihaknya akan membawa sejumlah bukti guna menunjang laporannya tersebut. Di antaranya rekaman audio dan visual statemen Yaqut tersebut serta pemberitaan berbagai media. Rencananya, Roy Suryo cs akan melaporkan Menag Yaqut pada pukul 15.00 WIB sore hari nanti.

Diketahui bahwa melontarkan pernyataan yang membandingkan suara toa masjid dengan gonggongan anjing itu saat diwawancara media di Pekanbaru Riau, beberapa waktu lalu. Yaqut mengatakan penggunaan pengeras suara di masjid harus diatur agar tercipta hubungan yang lebih harmonis dalam kehidupan antarumat beragama. Yaqut kemudian membandingkannya dengan gonggongan anjing yang mengganggu hidup bertetangga.

"Kita bayangkan, saya Muslim saya hidup di lingkungan nonmuslim, kemudian rumah ibadah mereka membunyikan toa sehari lima kali dengan keras secara bersamaan, itu rasanya bagaimana?. Contohnya lagi, misalkan tetangga kita kiri kanan depan belakang pelihara anjing semua, misalnya menggonggong di waktu yang bersamaan, kita terganggu tidak? Artinya semua suara-suara harus kita atur agar tidak menjadi gangguan" pungkas Yaqut saat itu.

(wk/amel)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait