CUBE Tanggapi Isu Plagiarisme Lagu Final 'My Teenage Girl' Ciptaan Soyeon (G)I-DLE
Instagram/tiny.pretty.j
Musik

CUBE menanggapi klaim KQ Entertainment bahwa tim produser mereka Eden-ary, dikreditkan tanpa izin pada lagu ciptaan Soyeon yang dibawakan di final 'My Teenage Girl.'

WowKeren - CUBE Entertainment telah mengeluarkan tanggapan resmi atas klaim KQ Entertainment bahwa tim produser mereka Eden-ary, dikreditkan tanpa izin pada lagu ciptaan Soyeon (G)I-DLE yang dibawakan Challenge Team di final "My Teenage Girl."

Isu plagiarisme berawal dari penggemar yang menemukan kemiripan antara lagu "Sun" ciptaan Soyeon dan "Wave" yang dipopulerkan ATEEZ. KQ Entertainment selaku agensi ATEEZ telah merilis pernyataan terkait masalah ini.

Terkait masalah ini, CUBE menyatakan, "Kami ingin menyampaikan posisi resmi kami atas kontroversi yang berkaitan dengan lagu 'Sun,' yang ditulis dan diciptakan oleh Soyeon (G)I-DLE.

"Pertama-tama, kami menundukkan kepala sebagai permintaan maaf karena menyebabkan kebingungan bagi banyak orang selama perilisan lagu kompetisi 'Sun,'" ungkap agensi.


"Segera setelah siaran, kami mengenali kesamaan beberapa melodi melalui pemantauan, dan dalam hal ini, artis kami secara langsung mengomunikasikan situasinya kepada komposer dan menawarkan permintaan maaf."

"Dalam prosesnya, ditentukan bahwa koreksi kredit harus diterima begitu saja karena kesamaan dengan lagu tersebut diakui, jadi setelah berkonsultasi dengan komposer, Soyeon meminta koreksi kredit melalui perusahaan produksi."

"Setelah itu, agensi komposer mengajukan keberatan atas penambahan kredit satu jam sebelum rilis, dan permintaan revisi dibuat melalui perusahaan produksi, tetapi (lagu) dirilis tanpa (revisi) tersebut," jelas agensi.

"Kami sekali lagi meminta maaf karena memberikan prioritas untuk koreksi kredit dalam situasi di mana konsultasi khusus dengan agensi komposer belum dilakukan, dan kami akan memastikan bahwa situasi seperti itu tidak terjadi di masa mendatang. Terima kasih," tutup mereka.

Sementara itu, "Sun" menuai kontroversi setelah diketahui bahwa chorus lagu tersebut tidak hanya terdengar mirip dengan "Wave," tapi Eden-ary, yang telah memproduseri "Wave," dikreditkan sebagai komposer lagu tanpa izin KQ Entertainment selaku agensi.

(wk/chus)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru