Pesawat Yang Mengevakuasi 83 WNI Di Ukraina Tiba di Bandara Soekarno Hatta
p2p.kemkes.go.id
Nasional

Pesawat yang ditumpangi 83 WNI Di Ukraina yang dievakuasi kembali ke Indonesia akibat invasi Rusia telah tiba di bandara Soekarno Hatta sore ini, Kamis (3/3).

WowKeren - Pesawat yang mengangkut 83 Warga Negara Indonesia (WNI) di Ukraina akhirnya telah tiba dengan selamat di Bandara Soekarno Hatta hari ini, Kamis (3/3). Sebanyak 83 WNI telah dikembalikan ke Indonesia sebagai imbas invasi Rusia ke Ukraina.

Menurut laporan yang dibagikan, pesawat evakuasi itu mendarat di Bandara Soetta sekitar pukul 17.14 WIB. Kedatangan 83 WNI itu disambut langsung oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan sejumlah pejabat terkait.

83 WNI yang telah kembali ke Indonesia itu dipulangkan langsung ke Jakarta dari Rumania pada Selasa (2/3). Perwakilan Kedutaan Besar RI untuk Ukraina, Ludi Budianto mengatakan kepulangan 83 WNI ke Indonesia itu merupakan kloter pertama.

83 WNI diberangkatkan langsung menggunakan penerbangan khusus dari Bucharest. "Dari Bucharest jam 15.40 via Madinah, ke Soekarno Hatta," kata Ludi kepada CNN Indonesia TV.


Diketahui, WNI di Ukraina pertama kali dievakuasi sejak Sabtu (26/2). 25 WNI saat itu dievakuasi dari Odessa, Ukraina ke Bucharest pada Minggu (27/2).

Kemudian pada Minggu (27/2), 5 WNI dan 1 WNA yang merupakan anggota keluarga warga Indonesia dievakuasi dari Lviv menuju Rzeszow. 4 WNI di Ternopil, Lviv kemudian juga berhasil dievakuasi di hari yang sama menuju Polandia.

Proses evakuasi berlanjut dengan 59 WNI di Kiev berhasil diantar ke Bucharest, Rumania menggunakan jalur darat pada Senin (28/2). Evakuasi WNI di Ukraina itu dilakukan sejak Rusia melakukan invasi skala besar ke negara tersebut.

Di sisi lain, Retno Marsudi sempat mengatakan adanya 13 WNI di Ukraina yang belum dievakuasi. Adapun alasan belum dievakuasinya 13 WNI tersebut, kata Retno, mereka masih berada di utara Ukraina yakni di Kota Karkiv dan Cenihiv, di mana tengah terjadi pertempuran. Kendati demikian, maka pihak KBRI Kyiv dan Moskow telah memastikan bahwa ke 13 WNI itu dalam keadaan sehat dengan logistik yang cukup.

(wk/Sisi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait