Sunmi Kenang Masa-masa Tur Wonder Girls di Amerika Serikat Bareng Jonas Brothers
Marie Claire Korea
Musik

Segera setelah tur, Sunmi meninggalkan grup pada awal 2010. Kehilangan member, perubahan besar terjadi, seperti penghapusan album berbahasa Inggris yang banyak dibicarakan.

WowKeren - K-Pop sangat populer di seluruh dunia sekarang, termasuk Amerika, oleh karena itu mengapa begitu banyak artis mengunjungi negara ini selama tur dunia akhir-akhir ini. Namun, ini tidak selalu terjadi. K-Pop bisa dibilang belum benar-benar menjadi arus utama di Amerika Serikat sampai PSY merilis "Gangnam Style" pada tahun 2013.

Namun, satu grup melakukan tur ke Amerika Utara pada tahun 2009 adalah Wonder Girls. Girl grup besutan JYP Entertainment tersebut sangat populer pada saat itu, dan single mereka yang berjudul "Nobody" menjadi hit.

JYP melihat potensi grup, mempromosikan mereka lebih dan lebih di luar Korea, dan akhirnya merilis versi bahasa Inggris dari "Nobody," yang menjadi lagu pertama oleh grup Korea Selatan untuk masuk Billboard Hot 100, charting di No.76 pada Oktober 2009.

Mereka bahkan diundang untuk tampil di acara TV Amerika untuk membawakan lagu tersebut. Itu belum semuanya. Pada tahun 2009, mereka juga diundang untuk menjadi pembuka untuk boy band terbesar saat itu, Jonas Brothers, untuk tur dunia mereka di Amerika Utara, yang totalnya mencapai 45 tanggal konser.


Segera setelah tur, Sunmi meninggalkan grup pada awal 2010. Kehilangan member, perubahan besar terjadi, seperti penghapusan album berbahasa Inggris yang banyak dibicarakan. Tur AS mereka sendiri juga tertunda.

Sekarang, Sunmi sendiri telah menceritakan pengalaman tur di AS dalam sebuah wawancara untuk Spotify: Mic Check. Dia dengan senang hati mengingat Jonas Brothers North American Tour meskipun tidak lama kemudian pergi.

"Pengalaman mempromosikan K-Pop di depan audiens yang besar dalam tur ini bersama Jonas Brothers masih sangat berharga bagiku. Kami berkeliling di sekitar 50 kota, dan kami bertemu banyak penonton," kata Sunmi.

Dia ingat bahwa pada saat itu, K-Pop tidak hanya tidak begitu populer di AS, tetapi bahkan negara itu sendiri tidak setenar sekarang. Jadi, itu juga cukup sepi. Sungguh menakjubkan melihat kembali pertumbuhan K-Pop secara internasional.

"Sekarang orang-orang di seluruh dunia sangat menikmati K-Pop, tapi tidak ada yang tahu tentang K-Pop pada saat itu dan bahkan hanya sedikit orang yang tahu tentang negaraku, Korea Selatan. Aku merasa sangat kesepian. Semuanya sangat asing saat itu," lanjut Sunmi.

(wk/dewi)

You can share this post!

Related Posts