KKB Papua Luncurkan Serangan Lagi, Anggota Polri Ini Berhasil Selamatkan Diri Usai Lompat ke Jurang
Nasional

KKB Lewis Kogoya pimpunan Undius Kogoya diketahui melakukan penembakan terhadap personel Polri dan membakar rumah warga di Distrik Baya Biru, Kabupaten Paniai, Papua, pada Sabtu (19/3) lalu.

WowKeren - Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal memaparkan kronologi kejadian serangan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) tersebut. Ia menuturkan pada awalnya sekitar pukul 15.30 WIT, anggota Pos Pol Ndeotadi 99 melaksanakan kegiatan patroli dengan rute Lokasi 99, Lokasi 45, dan Lokasi 81.

Kemudian, ketika anggota patroli hendak kembali menuju ke lokasi 99, tepatnya di tanjakan lokasi 88, Ahmad mengatakan bahwa Bripda Zulkarnaen Sommeng yang pada saat itu posisinya berada paling depan, mendapat gangguan berupa tembakan dari arah depan, namun untungnya tidak mengenainya.

Ahmad mengatakan bahwa pada saat diserang, Zulkarnaen langsung melompat ke jurang di sebelah kana dari arah lokasi 81, dan kembali menuju ke lokasi tersebut bersama tiga personel lainnya. Pada saat kejadian, Zulkarnaen disebut sempat melihat dua orang keluar dari semak-semak.

Melihat adanya gangguan tembakan dari arah depan, kata Ahmad, tiga personel yang berada di belakang Zulkarnaen langsung membalas tembakan tersebut. Selanjutnya, keempat personel Pos Pol 99 pun menuju kembali ke lokasi 81 dan berlindung di salah satu camp masyrakat.


Lebih lanjut, Ahmad mengatakan setelah sempat bertahan dan berlindung di lokasi 81, keempat personel tersebut lantas kembali menuju ke lokasi 99. Kemudian mereka tiba di Pos Pol 99 sekitar pukul 20.30 WIT.

"Dari laporan, diketahui bahwa di lokasi 45 terjadi pembakaran dan bunyi tembakan, titik api berada di dua tempat," ujar Ahmad dalam keterangannya, dilihat pada Senin (21/3).

Ahmad mengungkapkan dalam persitiwa tersebut tidak ada korban jiwa. Namun di lokasi 81, sebanyak 11 unit rumat atau camp warga dan di lokasi 45, empat unit rumah termasuk bangunan perumahan Puskesman, perumahan guru dibakar. Kejadian ini pun kini tengah ditangani Reskrim Polres Paniai.

"Kini personel Polres Paniai telah menuju ke lokasi 99 guna penebalan personel dalam upaya menciptakan situasi kamtibmas pasca aksi penembakan dan pembakaran rumah warga," tandas Ahmad.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru